Selasa, 19 Oktober 2010

Ini Dia Stasiun Televisi Bernafaskan Islami: Alif TV

JAKARTA—


Stasiun televisi bernafaskan Islami, Alif TV siap mengudara secara resmi di tanah air. Stasiun tv yang ditayangkan via satelit berbayar--telkomvision--itu akan diluncurkan secara resmi pada Rabu (20/10) di Balai Sarbini, Plasa Semanggi.

Sebelumnya, Alif TV telah mengudara pada pertengahan Agustus lalu dan menarik atensi berbagai kalangan masyarakat. Chief Executive Officer Alif TV, Adrian Syarkawi mengatakan, Alif TV akan memanjakan para pemirsa dengan tayangan segar dan mendidik.

Islam menjadi nafas dalam setiap tangan, mulai dari musik, entertainment, drama, dan berita. "Kita tampilkan tayangan Islami yang sifatnya bukan menggurui. Kami harapkan dapat menginformasikan tentang Islam yang sebenarnya, damai, dan jauh dari kekerasan," ujar Adrian dalam konferensi pers yang digelar di Emax Cafe, Plaza Semanggi, Selasa (19/10).

Dalam peluncuran Alif TV juga akan diputar film pendek garapan Hanung Bramantyo berjudul "
Apa itu Islam". Film garapan Hanung menceritakan tentang nilai dan eksistensi Islam yang rahmatan lil alamin. Selain pemutaran film juga akan digelar konser Islami yang akan dimeriahkan sejumlah penyanyi dan grup band, di antaranya GIGI, Bimbo, dan Tasya.

Terkait dengan konten acara yang akan disajikan di Alif TV, Programing General Manager Alif TV, Celerina Tjandra Judisari mengatakan, pihaknya akan menampilkan tayangan fresh yang belum ada di stasiun lain. Tayangan itu, di antaranya dakwah dengan kemasan santai. "Jadi, akan ada sebuah acara dakwah dimana sang penceramah akan hadir di tengah komunitas kawula muda. Dan juga berbagai kemasan dakwah yang kesannya tidak menggurui," kata Celerina.

Dia optimistis, acara yang ditampilkan Alif TV dapat menarik perhatian masyarakat. Menurutnya, Allif TV siap memberi kesejukan di tengah keluarga Indonesia. "Acara kami dikemas untuk segala kalangan umur. Tapi sasaran kami adalah keluarga," ujarnya.

Dalam kesempatan itu turut diterangkan porsi acara di Alif TV. Di pagi hari, pemirsa akan disuguhi tayangan dakwah dan liputan mengenai kewanitaan. "Ada acara kuliner halal dan fashion muslimah," tambah Celerina.

Menginjak petang, sejumlah tayangan hiburan siap disajikan, salah satunya musik dan drama islami. Khusus untuk drama, Alif TV akan menggandeng sejumlah production house untuk menggarap film berkualitas.

Dan pada petang hingga malam, acara bimbingan Al-qur'an bagi anak siap dihadirkan. Selain itu, tayangan berita untuk mengupas isu dan peristiwa hangat akan mengisi porsi tayangan Alif TV. "Program kami 100 persen Islami dengan mengedepankan kedamaian dan kesejukan. Kami harap dapat menampikan dan meluruskan image Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin."

Rudi Laksana dari Mahaka Media menjelaskan, Alif TV merupakan salah satu unggulan dari Mahaka Media. Ditargetkan angka pemirsa Alif TV akan menembus kisaran satu juta pemirsa. "Ini adalah bagian target kami bersama telkom vision," katanya.

Perwakilan Telkomvision, Elvizar pun optimistis Alif TV dapat memberi pilihan lain bagi pemirsa di tanah air. Dia yakin kualitas TV berbayar Telkomvision akan lebih bervariasi dan berkualitas dan mampu bersaing di level internasional. "Kami yakin Alif TV akan sukses karena memiliki tayangan berbeda di antara stasiun lain," ujarnya.

Acara grand launching Alif TV akan digelar di Balai Sarbini, Rabu (20/10). Acara ini ditayangkan secara langsung di Jak TV dan sejumlah TV lokal tanah air.



Kemunculan Alif TV dengan menu tayangan acaranya mendapat apresiasi dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).


Ketua KPI Dadang Rahmat Hidayat mengatakan, Alif TV dapat menjadi alternatif bagi masyarakat dengan tayangan yang mencerahkan. “Saya pikir ini bagus. Visi dan misi yang ditawarkan sangat baik. Tayangannya yang memberikan pencerahan menjadi alternatif tersendiri bagi masyarakat,” ujarnya saat dihubungi Republika, Selasa (19/10).


Dadang berharap, munculnya Alif TV mampu memacu stasiun televisi lain untuk menayangkan konten acara yang mendidik serta kaya akan nilai dan norma. “Kami harap acaranya bisa dishare ke stasiun TV lokal dan nasional,” pungkasnya.


(republika.co.id)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host