Kamis, 28 Oktober 2010

Karakter Terbaik, Kunci Sukses


Sobat, dalam kehidupan ini hampir semua orang di dunia menyukai karakter-karakter baik. Mereka-mereka yang sukses dalam bidang apa pun dan bisa bertahan lama adalah mereka yang memiliki karakter-karakter baik. Coba kita lihat orang-orang yang menurut anda adalah orang-orang sukses. Anda juga akan mendapati bahwa mereka punya karakter atau sifat yang baik dan anda sukai.  Misalnya; bekerja keras, kreatif, pintar, dapat dipercaya, baik hati, dermawan, jujur, disiplin, dan sebaginya.



Sobat, Kouzes dan Posner (2004) dalam bukunya Leadership Challenge mengungkap hasil penelitian tentang sifat-sifat yang seharusnya dimiliki oleh para pemimpin yang mengantarkan mereka para pemimpin atau CEO tersebut pada kesuksesan dan dicintai banyak orang. Mereka menyebarkan kuisioner kepada lebih dari 75 ribu orang di seluruh dunia dan memperbarui temuan mereka secara kontinyu. Hasilnya yang paling mengejutkan dan paling nyata adalah bahwa secara konsisten sepanjang waktu dan seluruh benua, hanya empat karakter yang mendapat lebih dari 50 % suara yaitu :
1. Jujur
2. Berorientasi (future oriented)
3. Kompeten
4. Membangkitkan semangat.
Keempat sifat ini paling sering muncul dan membuktikan bahwa setiap pemimpin yang ingin didengar dan dituruti kata-katanya adalah pemimpion yang memiliki kualita karakter tersebut. Bagaimana dengan sifat-sifat negatif ? Penelitian yang dilakukan oleh Robert Half internasional sebuah perusahaan konsultan bisnis, tentang alasan para pemimpin perusahaan memecat seorang karyawan. Temuan ini sangat menarik dan membuktikan pentingnya karakter atau sifat dalam dunia bisnis.
Sifat-sifat negatif yang menjadi alasan pemecatan seorang karyawan adalah :
1. Tidak berkompeten
2. Tidak mampu selaras dengan karyawan lain
3. Tidak jujur atau berbohong
4. Sikap negatif
5. Kurang motivasi
6. Tidak mampu atau tidak mau mengikuti perintah.

Sobat, sifat yang kita miliki mempengaruhi apa yang akan kita lihat dan bagaimana kita mengelola perasaan. Kedua hal ini sangat berpengaruh pada tingkat kesuksesan seseorang. Di sinilah Islam mengajarkan akan pentingnya memiliki kepribadian Islam (Syakhsiyah Islamiyyah) yaitu menjadikan pola pikir dan pola sikap kita berlandaskan Aqidah Islam.

(Spiritual Motivator – N.Faqih Syarif H, S.Sos.I,M.Si. Penulis Buku Al Quwwah ar ruhiyah Kekuatan spirit tanpa batas. www.fikrulmustanir.blogspot.com . email)
.i2movenetwork.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host