Rabu, 06 Oktober 2010

Pro Kontra Pak BY batal ke Belanda

Nulis lagi ahh tentang kondisi negeri

Update terbaru, Menteri Luar Belanda, mengatakan bahwa permohonan peradilan kepada pengadilan negeri Den Haag yang menyangkakan peran Presiden Indonesia dalam tuduhannya, tidak akan dikabulkan dalam waktu dekat. Verhagen mengaku telah berkata kepada Duta Besar Indonesia Belanda Habibie bahwa tak ada satu alasan apapun yang membuat Presiden Indonesia tidak mendapat imunitas (dari tuntutan pengadilan) dari Belanda.

Sebetulnya, apa sih tuntutan RMS melalui Pengadilan Den Haag, ini 2 tuntutannya:
(1) Meminta agar Perdana Menteri Belanda Balkenende menjawab surat dari RMS serta melaksanakan permohonan RMS. Yaitu agar Balkenende meminta kepada Yudhoyono agar mau melakukan dialog dengan RMS, meminta agar Indonesia menghormati HAM dan menanyakan di mana makam presiden pertama RMS Soumokil yang dieksekusi Suharto pada tahun 1966.
(2) Meminta pengadilan Den Haag memerintahkan penangkapan dan pemeriksaan presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono karena bertanggung jawab atas pelanggaran HAM di Maluku.
Pakar hukum Belanda menilai permohonan ini akan sangat sulit sekali dikabulkan dan lebih bermotif politik ketimbang hukum.

 Pendapat yang menyayangkan pembatalan Pak BY:
@imannugraha --->
Siapa sih pembisik SBY shg bisa batalkan kunjungan? Dulu aja th 1972 pak Harto tetap datang meski ada demo dr RMS. Anehnya lagi koq bs ya jadwal kunjungn presiden SBY bersamaan dg jadwal sidang Pengadilan di Den Haag? Itu protokoler istana gmn ngaturnya? Menurut pakar Hukum Internasional tdk mudah menangkap seorang Presiden sebuah negara utk diadili di Pengadilan Internasional. Yang dapat menahan dan menyidang seorang kepala negara untuk kasus hak asasi manusia hanyalah Mahkamah Kriminal Internasional (ICC). Hrs mlewati proses pnyelidikn & bukti-bukti. Hrs ada fakta hkum yg kuat baru bisa dbawa ke ICC. Aplagi kepala negara pny kekebaln dplomatik. Presiden seharusnya tidak perlu takut mengunjungi Belanda karena negara itu telah menjamin keamanan dan imunitas SBY.

@karniilyas ---->
Presiden batal berkunjung keBelanda. Apa sebegitu gawatnya keadaan, sampai Presiden hrs batal berangkat? Bukankah RMS dari dulu menuntut RI?

Yang pro, cukup simpel pendapatnya:
 Presiden SBY batal ke Bld demi mnjaga kehormatan bangsa 

Menurut Anda Gmana?

@ISW_BANNA


referensi: republika.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host