Rabu, 10 November 2010

25 Mantan PSK Menjadi Relawan Merapi

SOLO, — Sebanyak 25 mantan pekerja seks komersial yang tinggal di sekitar Kampung Kenteng, Silir, Solo, Jawa Tengah, menjadi relawan juru masak di lokasi pengungsian letusan Gunung Merapi di gedung Pemerintah Kabupaten Klaten.
Koordinator Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yayasan Ar-Ridho, Iswanti, Kamis (10/11/2010) di Solo, mengatakan, mantan PSK tersebut sebelumnya dibekali keterampilan memasak oleh PKBM Ar-Ridho sehingga mereka tidak canggung memasak di dapur umum.
Dia mengatakan, pihaknya bersama 25 mantan PSK lainnya ingin membantu korban bencana letusan Gunung Merapi yang terjadi sejak beberapa pekan lalu dan masih menunjukkan aktivitas vulkaniknya.
Menurut dia, keinginan menjadi relawan merupakan kemauan dari para PSK.
Selain mengirim relawan, Yayasan Ar-Ridho juga memberi beberapa perlengkapan kebutuhan wanita, minyak telon untuk anak-anak, susu formula, 900 pasang sandal jepit, dan pakaian bekas dari beberapa warga di Kampung Kenteng, Silir, Solo.
SNT (nama inisial), seorang mantan PSK yang tinggal di RT 4 RW 7 Kampung Kenteng, Silir, Solo, mengatakan bahwa pihaknya ingin membantu relawan juru masak lain di pengungsian dan meringankan beban para pengungsi.
Dia mengatakan, pihaknya ingin menunjukkan bahwa pelatihan yang sejak beberapa waktu lalu dilakukan yayasan bisa diterapkan sekaligus sebagai wujud kepedulian sesama.
Dalam menanggapi hal itu, Kepala Bidang Pendidikan Nonformal Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispendikpora) Kota Solo Wandowo mengaku memberi apresiasi terhadap keinginan mantan PSK untuk menjadi relawan di Pemkab Klaten. Mereka mulai diberangkatkan pada Kamis ini.
"Ini wujud keseriusan mereka menjadi warga yang lebih baik dari sebelumnya dan perlu didukung oleh pemerintah setempat," katanya.
Dia mengharapkan keiikutsertaan dan menunjukkan bahwa eksistensi mantan PSK tersebut dapat melunturkan citra negatif bagi yang pernah menjadi PSK.

(kompas.com)

2 komentar:

masyhury mengatakan...

Begitulah, Seorang PSK sekalipun mereka tetap punya hati nurani dan kepedulian sosial yang tinggi terhadap sesama.
Semoga tak ada lagi yang meremeh dan merendahkan seorang Psk..

salam,, :D

isw_banna mengatakan...

@masyhury: untuk mereka yang bertobat, mengapa tidak?

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host