Kamis, 11 November 2010

Klarifikasi Pak Tifatul Sembiring yang Menyejukkan #salaman

Soal insiden salaman dg bu Michele obama sy tegaskan sbb:



1. Sy tetap pada pendirian/sikap utk tidak bersalaman dg wanita yg bukan muhrim.

2. Ini pandangan fikih Islam yg sy fahami. Sy juga tahu ada tokoh2 besar muslim yg tetap bersalaman dg wanita bukan muhrim, itu urusan ybs.

3. Namun kadang2 ada situasi terdadak (tiba2) atau bertemu dg org2 yg tidak tahu sikap saya ini.

4. Biasanya dalam situasi acr kenegaraan atau kadang2 selepas mengisi pengajian di majelis taklim, ada bbrp ibu2 yg berebut mau bersalaman.

5. Dalam keadaan begitu, sentuhan dan bersalaman tdk bisa saya hindari. Saya memaklumi situasinya, hal ini tdk merubah pendapat sy semula.

6. Inilah yg terjadi ketika bertemu bu Michele Obama, beliau tamu negara, sy agk menahan tangan Obama saat bersalaman, lalu sampaikan pesan.

7. Menyusul dg Bu Michele, ini yg saya sebut dg situasi terdadak. Saya majukan 2 tangan, spt cara org Sunda bersalaman.

8.Dan terjadilah insiden salaman itu. Setelah kembali ke kantor, sy baca di twitter ada mention dari @unilubis.

9. Kok Tifatul bersalaman dg bu Michele, tapi kalau dg kita2 perempuan tidak mau bersalaman.

10. Saya jawab di TL sy: Sdh ditahan 2 tangan, eh bu michele nya nyodorin tangannya maju banget...kena deh. @unilubis jadi tersungging..?

11. Saya merasa heran juga hal ini kemudian dikembangkan dan menjadi berita internasional.

12. Fadjroel menuduh sy bohong, ini orang tdk pernah saya layani lagi, sy block, sebab selalu berpandangan negatif thd apapun yg sy lakukan.

13. Lalu Metro TV mengulasnya, menurut saya agak berlebihan dg membuat judul "Dusta Tifatul". TIDAK ada dusta disitu, itu prinsip saya.

14. Dlm situasi tertentu ada hal2 yg saya tolerir dan hal tsb dalam Islam tdk termasuk Kabair (dosa2 besar). Mudah2an teman2 memakluminya.

hari ini, 11/11/10 from twitter @tifsembiring

12 komentar:

Anonim mengatakan...

1 kata MUNAFIK... :D

isw_banna mengatakan...

@anonim: alangkah tdk bijak nya menuduh seseorang munafik. Semoga Alloh merahmati Anda. peace

Anonim mengatakan...

@isw banna : amien.... coba kita berada di posisi pak tif, apa yang kita lakukan jika menemui seperti pak tif... yang sabar njh pak tiffatul, sedikit quote dari saya.. :
“Wahai orang-orang yang beriman! Jika datang kepada kamu seorang fasik membawa sesuatu berita, maka selidikilah (untuk menentukan) kebenarannya, supaya kamu tidak menimpakan sesuatu kaum dengan perkara yang tidak diingini dengan sebab kejahilan kamu (mengenainya) sehingga menjadikan kamu menyesali apa yang kamu telah lakukan.” Q.S Al-Hujuraat : 6

HASMI mengatakan...

hati-hati melabeli ssorg karena sesungguhnya kita tdk punya hak utk menghakimi...biarkan Alloh SWT saja, jgn ambil hak Alloh SWT, lebih baik memperbaiki diri sendiri saja drpd nyalahin org lain

isw_banna mengatakan...

@mas hasmi: iya mas. semoga kita bisa terus memohon ampun kepadaNya yg seringkali melabeli seseorang atau bahkan menghakiminya

isw_banna mengatakan...

@anonim: semoga kita bisa berempati ketika ada di posisi pak tif

Anonim mengatakan...

Begini...Saya sudah liat video nya....

Untuk negara berpikiran terbuka seperti AS, menghargai seseorang sangat lah mereka junjung tinggi...Dalam hal ini dalam masalah prinsip...

Nah kalo memang pak tif punya prinsip kuat yang "tak tergoyahkan" semesti nya dia tidak berada di posisi barisan untuk bersalaman...

Atau bila memang diharuskan untuk berada di barisan tersebut, dia bisa berkata maaf tidak berjabatan tangan dengan yang bukan mukrim nya..

itu lebih fair menurut saya...daripada gembar gembor tidak bersentuhah kpn seseorang yang bukan mukrim nya tetapi pas di VIDEO yang tidak seperti GAMBAR yang bisa di edit lho....

Pak Tif itu secara spontan dan sangat menggebu2 menyalami first lady...

Gmn tuh sama PRINSIP dia??

isw_banna mengatakan...

@anonim: oke, mantabs sekali masukannya. inilah realitasnya.
namun ketika dihdapkan pada posisi yg sulit, ya mau nggak mau melaksanakan meski mash dlm batas2 yg ditolerir

Anonim mengatakan...

Pak Tifatul, Minta maaf dan mengaku khilaf aja atas aksi menggebu2 menyalami Bu Michele. Kita masyarakat Indonesia berjiwa besar kok. jadi ndak usah kebanyakan ngetweet deh

Anonim mengatakan...

Wah sampe ada yg ngetwit???
Mantab...

Iya mnurut gw kondisi yang sulit, yang nama nya prinsip itu prinsip bos...

Apalagi prinsip ini mengenai harga diri yang Pak tif punya...

Mau dibilang ga punya prinsip emang si pak tif??

Mantri Badroe mengatakan...

Memang ketika kita berada pada posisi seperti ini, akan sulit sekali...
semoga Alloh memberikan hidayah kepada kita dan memberikan kekuatan kepada kita untuk senantiasa menjaga syariat Islam kpanpun dan dimanapun

isw_banna mengatakan...

@badroe: semoga ketika kita diuji, Alloh memberikan kekuatan

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host