Minggu, 21 November 2010

Menembus Impian

Betul sekali, tulisan ini mirip dengan judul film Hanung Bramantyo di awal tahun 2010, tentang perjuangan Nur (diperankan Acha septriasa) yang berjuang hidup dengan berbisnis MLM.

Siang itu, saya mengantarkan istri ke daerah pasar minggu, katanya ada acara seminar rekognisi (pengenalan) untuk tahapan-tahapan baru. Rencana awal, saat nge-drop istri, saya mau nunggu di masjid di dekat tempat seminar atau mampir ke warnet untuk online. Tapi, ternyata saya menemani hingga ke dalam ruangan seminar.

Acara yang sudah dimulai sejak pukul 9 pagi, ternyata sudah dipadati sekitar 750-an orang, mayoritas perempuan tentunya. Duduk di tribun atas, saya menyaksikan dua MC yang ternyata termasuk level manager juga di bisnis ini, dengan semangat memeriahkan suasana, jadi pengen nge-MC disana hehe.

Oke, sang MC memanggil para consultant 3% yaitu level awal di bisnis ini untuk maju ke panggung. Subhanalloh banyak juga, ada sekitar ratusan sepertinya. Mereka foto bersama, dan berhak mendapatkan souvenir. Dilanjutkan level 6% dan 9% dengan prosesi yang sama.

Saat hendak dipanggil level 12%, istri izin turun ke panggung bergabung bersama yang lainnya. Wah, ternyata dia sudah sampai level 12% dengan bonus per bulan sekitar 700ribu. Menurut saya ini hebat, karena saya lihat istri tidak terlalu sibuk, hanya di depan computer online dan itupun baru sekitar 3-4 bulan. Alhamdulillah.

Berlanjut ke segmen berikutnya, level 15%, dengan menampilkan senior manager baru, yang mengesankan adalah video/slide yang ditayangkan. Menggambarkan perjuangan mereka untuk berjualan di bisnis ini. Entah mengapa saya selalu meleleh melihat pengorbanan apapun dari setiap manusia.

Di level 18%, dipanggil beberapa senior manager baru (begitu sebutannya) berhak mendapatkan cash bonus 7juta rupiah, termasuk nanti setiap bulannya. Hingga level 21% yang memberikan reward 14 juta rupiah.
Sampai sini saya langsung berpikir, luarr biasa sekali, perusahaan yang benar-benar memberikan reward bagi pegawai-pegawainya, yang jarang saya temui termasuk di kantor saya.

Yang paling menarik saat dipanggil seorang ibu muda 35 tahun yang berhak memperoleh cash 42 juta dan mobil Honda CRV. Setelah 3 tahun berjuang dan bergabung. Yang menghentakkan adalah berawal dari ingin memperoleh uang 1juta dari rumah (diluar gaji suami) beliau mencoba bisnis ini. Sampai akhirnya mendapat bonus per bulan yang lumayan naik 5juta, 7 juta, 14 juta hingga sekarang 42 juta.  

Yang paling bikin saya terharu adalah saat ditampilkan slide perjalanan Sarah, begitulah nama ibu muda itu, ternyata menampilan perjalanan hidup keluarga beliau dari suami, anak, ibu, keluarga besar dan arti tentang keluarga…..

Overall, mungkin ini bisa mengubah pandangan saya tentang MLM, ternyata masih ada yang halal dengan mengandalkan jualan produk. Semoga bisa maju bersama, seperti moto mereka. Bagaimana menurut Anda?













0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host