Selasa, 08 Februari 2011

Modifikasi Plat Nomor Kendaraan bisa Dipenjara. Setujukah?


Belakangan ini pihak kepolisian kembali heboh dengan melakukan penertiban Plat Nomor Polisi (Nopol) kendaraan bermotor. Undang-undang nya memang sudah lama dibuat.

Dalam pasal 68 UU No 22 Tahun 1999 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan disebutkan, kendaraan bermotor wajib memakai tanda nomor kendaraan bermotor yang memenuhi syarat bentuk, ukuran, bahan, warna dan cara pemasangan. Bagi yang melanggar akan dikenakan pasal 280 UU yang sama, yakni denda paling banyak Rp 500.000 atau kurungan 2 bulan. 

Menurut pihak polisi:
1. Masyarakat kita memodifikasi plat nopol karena ingin bergaya, biar kelihatan keren
2. Kepolisian akan merazia kendaraan yang menggunakan plat nopol hasil modifikasi. Para pemilik kendaraan diminta hanya memasang plat kendaraan buatan Polri.
3. Kalau rusak, masyarakat wajib menggantinya dengan plat baru di kantor polisi.
4. petugas juga sulit menindak penjual dan pembuat plat modifikasi tersebut. Petugas susah menindak karena tidak ada undang-undang yang mengaturnya," 
4. Berdasarkan data dari Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya, sepanjang Januari 2011 ada 1.342 pelanggar ketentuan pemasangan plat nomor kendaraan tindak. Tahun 2010, jumlah pelanggaran serupa mencapai 14.572 kasus.

Menurut pihak kontra:
1. Apakah dengan memodifikasi plat berpengaruh pada kemacetan lalu lintas? Tidak toh!!!
2. Apakah Plat nopol harus buatan Polri? Pantaslah bila masyarakat berpikir ternyata telah terjadi monopoli bisnis plat oleh polisi. Termasuk untuk perbaikan plat-plat yang rusak.
3. Usaha polisi untuk menindak pembuat plat nopol modifikasi  amat  disayangkan. Padahal selama angka dan kode yang tertera di plat sesuai dengan plat aslinya mengapa tidak untuk dilakukan modifikasi. 

Jawaban tentang kontriversi ini tergantung Anda. Mau dimodifikasi atau keukeuh dengan plat nomor asli dati Polisi.


----> Terbukti, mencari Rupiah Halal disini, sederhana dan logis


petunjuknya klik PANDUAN MENDAFTAR IDR-CLICKIT

3 komentar:

Anonim mengatakan...

seharusnya selain membuat UU tersebut diatas,bapak2 dari kepolisian juga memberikan solusi....,karna:
~siapa sih yg kagak pengen kliatan keren???ane rasa semua org pengen kliatan keren...,maka dari platnya dibuat lebih cantik gitu(kayak plat nomor kendaraan di amrik kan cakep),,,
~"petugas juga sulit menindak penjual dan pembuat plat modifikasi tersebut. Petugas susah menindak karena tidak ada undang-undang yang mengaturnya," (mending jngan ditindak pak,kasihan mereka makan kan dari pekerjaan tersebut)...
~memodifikasi plat nomor kendaraan,asal nomornya sama dngn STNK,warnanya jg sama dgn aslinya dan masih jelas terbaca,saya rasa tidak mengganggu lalulintas dijalan,,,,

(sekedar komentar)
^_^

Anonim mengatakan...

mnrt gw wajar kl masyarakat modif no pol, biar kendaraan kita terlihat keren, krn mreka ud kuar duit ga sedikit wat beli kendaraan mreka, jadi pasti ngejaga tampilan biar keren, nah krn plat yg dikuarin polri krg keren, wajar kl dimodif...
kl polisi'a kekeuh minta plat asli, sbnr'a tinggal ditunjukin aj plat asli'a, sama kyk misal'a polisi minta stnk pas nilang... selesai toh...

Saito Yuki (斉藤由貴) mengatakan...

POLIS EMANG MAU MENANG SENDIRI,LAGIAN YG PENTING ADA NOPOL.. SESUAI AMA STNK KAN UDAH,,APA ADA MASALAH ATAU SENGAJA BUAT ALASAN CARI CEPERAN PAK POLISI... PILIH SIDANG SENDIRI ATAU TITIP PAK POLISI ALIAS MASUK KANTONG.... NYATA ITU PAK... ATAU PAK POLISI KAGAK BISA KERJA ATO KURANG GAJINYA,,,UU NGAK BERGUNA AZA DIBUAT ALASAN,, TANGKAP DAN PENJARA TU KORUPTOR JGAN RAKYAT KECIL JADI KORBAN TERUS..KASIAN COBA BAYANGKAN SEANDAINYA BPK POLISI JADI RAKYAT GMN PERASAAN BPK,,, GMN BISA MAJU NI NEGARA KLO POLISI KATANYA MELINDUNGI ,,NGAYOMI,,RAKYAT CUMA GARA2 PLAT AZA DI TILANG,,, BERPIKIRLAH BPK POLISI..

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host