Sabtu, 28 Mei 2011

Ustadz Gahul nan Inspiratif? Ustadz Nur Maulana > Jamah oh Jamaah


“Jamaah oh Jamaah”, begitulah slogan dari satu ustadz yang sedang naik daun belakangan ini. Yup, betul sekali ustadz Nur Maulana, yang bisa kita lihat di salah satu stasiun TV nasional ternama setiap paginya, dengan program bertajuk “Islam itu Indah”.

Dengan gaya eksentrik, gahul, dan lucu, ustadz asal Makassar ini sudah mulai berdakwah melalui ceramah dari kampung ke kampung, tidak hanya di kota kelahirannya Makassar tapi juga pernah diundang di wilayah Sulawesi lainnya, Kalimantan bahkan Papua.  

Satu waktu ada yang mengupload video ceramahnya di Youtube akhirnya ustadz unik ini semakin dikenal dan langsung dipinang Trans TV, yang memang terkenal dengan terobosan-terobosannya yang extraordinary fresh. Hehe.

Berikut biodata singkat ustadz Nur Maulana:

Nama :Muhammad Nur Maulana
TTL: Makassar, 20 September 1974
Anak ke: keempat dari tujuh bersaudara
Ayah: Maulana
Ibu: Masyita
Pendidikan: Pesantren An Nahdah Makassar (lulus 1994)
Pekerjaan: Guru Agama Islam SD Mangkura; Guru SD Islam Athirah dan Pesantren An Nahdah
Istri: Nur Aliah
Anak: Munawar
Alamat Rumah: Jl Sibula Dalam No 15, Makassar Sulawesi Selatan.

Kontroversinya adalah beberapa orang kurang sepakat dengan gaya ceramah beliau yang terkadang feminim dan eksentrik dengan gaya kocaknya. Namun diakui muatan-muatan ceramah ustadz Maulana mampu mengemas tema-tema berat, seperti ‘Menutup Aurat’, ‘Makanan Halal  Haram’, 'Sholat' dan tema lainnya menjadi kemasan yang asyik dan lebih ringan. Ditambah muhasabah di akhir acara yang saya akui begitu menggugah, tidak heran audience di studio banyak yang menangis sesengukan.

Yang Mau Lihat Video ceramahnya, silahkan check this one out!!





----> Terbukti, mencari Rupiah Halal disini, sederhana dan logis


petunjuknya klik PANDUAN MENDAFTAR IDR-CLICKIT

38 komentar:

Ryan Aziz Al Halim mengatakan...

yg penting ilmunya akh. apa yg disampaikan oleh ustadz tersebut semuanya baik dan bermanfaat. pinjam slogannya dulu ya #fresh and inspiring. :D

isw_banna mengatakan...

@ryan aziz: sepakat dengan ilmunya yg memang luas bro

Maryulisman mengatakan...

Lagi-lagi tenar berkat youtube....
Apa ustadznya belum tahu hadits yg antum cantumkan ntu... :)

isw_banna mengatakan...

@maryulis: semoga ustadznya baca hadits itu juga

aa mengatakan...

kayanya itu sdh bawaan,susah dihilangkan.

Anonim mengatakan...

coba di kasih masukan aja mas, kan ada emailnya

isw_banna mengatakan...

@aa: kalo dilatih bisa lah dirubah

@anonim: siappp via twitter kali ya,,,, jadi inget ekspresi ustadz nur maulana kalo ngomong add twitter @

kuungkapdenganpena mengatakan...

belum tau gimana gaya nyentrik ustd baru ini jadi blm bisa kasi komen soal beliau. But buat pak iswandinya Thx ya uda bagi info yag fresh n ispiring. Coba ane donlot nih videonya biar bisa menilai ntr..Sukron..^__^

sewa mobil tanpa supir mengatakan...

blom pernah liat, jadi penasaran is

isw_banna mengatakan...

@ummu zahra: iya nih ustadz lagi terkenal banget, sampe jadi bahan obrolan di kantor he2

@fairusy a.k.a frezz rent car: iya coba deh tonton

Anonim mengatakan...

Menurut saya, liat baiknya lah... Jangan terlalu sering menilai orang dari luarnya, ingat... Hati manusia hanya Allah yang tahu, sepanjang masih dalam koridor yang tepat, insha Allah semua bisa bermanfaat, yang pentingkan tujuan yang dicapai, n cara orang kan berbeda2 dalam menyampaikan kebaikan, jangan sampe juga kita malah mengarahkan orang untuk berfikir ke arah penghakiman.. ( Kurang setuju terhadap hadist yang dicantumkan ), bukan mengenai isi hadits, tapi status hadits tersebut di artikel ini, wallahu a'lam bissawwab...

yordaniac mengatakan...

percaya atau nggak
sangat mirip dengan izul

Hanhan AB mengatakan...

ana termasuk yang tidak sepakat!! sudah jelas koq hadisnya

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melaknat laki-laki yang bertingkah laku seperti wanita dan wanita yang bertingkah laku seperti laki-laki"( Hadts riwayat Al-Bukhari, lihat Fathul Bari, 10/33333) .
Penyerupaan yang dimaksud bersifat umum. Misalnya melakukan gerakan anggota tubuh, dalam berbicara, dalam berjalan, dan seluruh gerak diam.

Ilmunya ok, tapi caranya No!

banna mengatakan...

@anonim: terimakasih masukannya,,, justru ini berimbang kok
btw hadits adalah bahan pengingat lho

@donny: iya izul sekarang dmana ya?

@hanhan: semoga caranya bisa dirubah dikit ya

Anonim mengatakan...

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melaknat laki-laki yang bertingkah laku seperti wanita dan wanita yang bertingkah laku seperti laki-laki"( Hadts riwayat Al-Bukhari, lihat Fathul Bari, 10/33333) .
Penyerupaan yang dimaksud bersifat umum. Misalnya melakukan gerakan anggota tubuh, dalam berbicara, dalam berjalan, dan seluruh gerak diam.

Anonim mengatakan...

awalnya saya gak begitu tertarik nonton ceramah ustadz ini karena melihat gayanya yg rasanya 'kurang pas'. tapi karena hampir tiap hari orang-orang di rumah pada nonton, akhirnya kebawa juga, lama-lama jadi suka juga apalagi muatannya sangat bagus. yg sampai sekarang masih tidak begitu suka adalah sesi muhasabahnya yg menurut saya agak 'lebay'.

satu lagi Mas Is, sepertinya bukan 'feminis' deh, tapi 'feminim'. cmiiw.

isw_banna mengatakan...

@anonim: wah sama nih awalnya janggal eh jadi suka.... emang 'feminim' bukan 'feminis'

Fatih Albanna mengatakan...

ga masalah selama memang aselinya beliau tidak feminim.
efeknya bagus kok. toh klo kita sudah terbiasa dengan gaya ceramahnya (like me), tidak akan lagi melihat gaya tetapi isinya. mungkin yg bnyk komen itu biasanya baru pertama kali melihat gaya ceramahny...
wallahu a'lam

isw_banna mengatakan...

@fatih pur: syukron pendapatnya semoga bisa ambil positifnya ya bro ^_^

Anonim mengatakan...

biasalah klo ada orang yg tenar, pasti ada ja yg tidak suka dan ingin menjatuhkan.biarpun begitu dia sudah memberikan manfaat bagi umat.bukan sekedar mengkritik orang tanpa memberikan manfaat bagi umat. hanya NATO

Lowongan Kerja Baru mengatakan...

pendekatannya bagus... yang penting pesan dakwahnya kan nyampe ya ga ngantuk :D

Anonim mengatakan...

Saudara-saudaraku.....
kebaikan itu akan jadi baik selama sesuai al Qur'an & asSunnah, Sudah jelas Hadits Rosul SAW melarang laki2 berbuat/berperilaku spt wanita(sebaliknya), mengapa harus di perdebatkan ! memang setiap orang memiliki keistimewaan & kekurangan, makanya hendaklah kita saling menasehati, tolong menolong dlm kebenaran (watawa showbil haq-watawa show bisshobr

Kodok kampus mengatakan...

wah saya suka banget tuh nonton pagi2 lucu dan sambil mengambil ilmunya

Anonim mengatakan...

yang di maksud feminim atau feminis ? Beda jauh loh artinya. coba buka lagi kamus bahasa Indonesia dan Inggris pasti akan beda artinya ...
Tapi saya menangkap yg penulis maksud adalah feminim ...alias agak kecewek-cewekan... jangan langsung menjudge ... hal itu bisa dibuat2 bisa pula karena bawaan... emang dari sononya... trus tadi bilang kalo dirubah pasti bisa? Butuh berapa puluh tahun ? malah dia gak dakwah2 hanya untuk merubah kepribadian asli dia ...
Terakhir, apakah kita telah melakukan apa yg dia lakukan dalam hal dakwah?

Anonim mengatakan...

jangan terfokus pada penampilannya meskipun itu sangat mengganggu dan memang harus diluruskan (disembuhkan). tapi lihatlah isi materinya yang diberikan, sesuai dengan syariat islam ataukah menyesatkan. jikalau memang ada yang salah dengan dakwahnya, maka kita sebagai sesama muslim yang saling menyayangi perlu untuk mengingatkannya atau menasihatinya. jika kalau setelah datang nasihat kepadanya tapi masih melakukan kesalahan/kesesatan yang sama, maka saya pikir umat harus diingatkan tentang bahayanya orang2 semacam itu.

koranmuslim.com/2011/keluhan-tentang-dakwah-di-tv/

banna mengatakan...

@anonim: subhanalloh pendapat yg bijaksana sekali

Anonim mengatakan...

Saya kira tidak apa apa...karena gerakan itu hanya untuk menekankan apa yg beliau sampaikan supaya lebih mengena...toh gerakan(perilaku) seperti itu mungkin tidak di lakukan di kehidupan sehari harinya...wallahu a'lam

Iqbal mengatakan...

Bro, barusan sy 'nguping' obrolan-obrolan senior ane di kantor, termasuk dgn bos ane.. ternyata mereka suka dengan ceramah yg dibawakan oleh ust. Maulana.

Malah salah seorang ibu yang nonmuslim mengaku senang menyaksikan acara Islam itu Indah yg diisi ust Maulana.

Well, bukankah Islam itu memang indah :)

banna mengatakan...

@iqbal: wah ternyata dakwah ust maulana cukup berhasil ya

Anonim mengatakan...

kadang saya nonton beliau di tv.lucu dan segar walopun saya agak kurang sreg pas sesi muhasabahnya. menurut saya, terlalu dekat dengan akhwat.over all isi ceramahnya bagus, tapi ada satu yg masih janggal.menurut apa yg saya pahami mengazani dan mengiqomati bayi yg baru lahir itu gak ada tuntunannya.ini pernah jadi materi ceramah beliau.saya udah sampaikan di twitter tapi gak direply.tapi saya menghargai perbedaan.hanya saja saya memahaminya tidak ada tuntunannya.
mengenai gaya ceramahnya,jujur sih menarik karena humoris.tapi alangkah baiknya kalo gak kebanyakan bercanda,kan gak bagus juga kebanyakan ketawa,ntar ilmunya malah gak masuk gimana,tapi malah ketawa mulu..
yet,thumbs up usaha beliau dalam berdakwah.

Anonim mengatakan...

sekedar saran, si Pak ustad ini jarang (atau gak pernah) kasih ayat Quran dan hadist dalam ceramahnya. ngelawaaaaakk aja yg dipentingkan.

Anonim mengatakan...

kalo mengenai sesi muhasabah, mungkin saja itu sudah di dikondisikan sebelumnya oleh tim kreatif dr kru "islam itu indah".. Tau sendiri kan acara2 di TV tu pasti tak lepas dari sebuah skenario agar keliatan lebih rapi n lebih menarik utk ditonton.. Lagian kan ni acara bukan siaran langsung, melainkan 'taping', jadi ada proses penyuntingan disitu.. Dan untuk membuat lebih menarik lagi utk ditonton, pasti ada 2 artis yg dihadirkan, 1 laki dan 1 perempuan..

Kekurangan2 d acara ini spt banyakny candaan yg kadang membuat hati ini menjadi keras shingga nasihat2 yg d sampaikan tak menyerap di qalbu, menurut saya tertutupi dgn sesi muhasabah.. namun memang harus dikurangi candaannya.. saya aja yg nonton acara itu malah jd sering tertawa terbahak2 n jd lupa materi2 yg tlah disampaikan beliau (jadi malu sendiri, heu)..

Dan karna kesuksesan inilah, stasiun TV yg laen jd ikut2an latah mencari format yg setara dgn acara "Islam itu Indah" agar kecipratan rating, sperti SCTV dgn acara yg dipandu oleh Ust. Solmed (duh nama acarany lupa lagi) di jam yg sama dgn Islam itu Indah (Liputan 6 pagi di geser dr yg asalny jam 04.30-06.00 menjadi jam 04.00-04.30).. bagus jg sih jd banyak pilihan siraman rohani di tv saat subuh, namun jd ketauan klo misalnya ratingny gak bagus, acara tsb otomatis lenyap..

Yah, mo gimana lagi, industri pertelevisian memang tak lepas dari "ngejar rating".. Dan jg tipikal masyarakat kita yg rata2 pengen pen da'i berdakwah dgn cara ngebanyol terus, biar gak ngantuk, masa bodo dgn penampilan yg mirip wanita (malah di puja puji), yg penting bisa ngebanyol, nangis2an, udah gt bubar aja..

Wallahu a'lam.. Astaghfirullahal Adzim...

sewalaptopkomputer mengatakan...

ambil baeknya ajalah... jgn selalu pikiran negatif..dari pada TV2 kita di isi acara2 gk mendidik yg cenderung mempertontonkan aurat.. kalo ada kurang cocok bisa kirim email/twitter ( seperti komen2 di atas)... jadi kritikpun yang membangun "BIL MAU'IDHOTIL HASANAH"..

alex mengatakan...

kalo suka ya silakan, gak suka juga boleh asal jangan sampai menghakimi....yang penting...jamaaaahhh...oooo oooo jamaah....Alhamdu...Lillaaaaaahhhh

Anonim mengatakan...

Itulah kebesaran Allah SWT yg sulit diukur manusia, bahkan oleh seorang nabi sekalipun. Wallahuallam.

Anggoro W mengatakan...

Saya kira menutupi kelemahan saudara muslim yang lain adalah tugas kita bukan. Aa Gym pun dulu begitu, ketika ceramahnya dituduh terlalu sufistik ada orang2 yang maju untuk membelanya. Seharusnya pun demikian dengan Ustadz Nur Maulana ini. Ada orang-orang yang mau membelanya. Kritiknya lebih baik disampaikan langsung akh, tidak perlu untuk dipublish lebih jauh.

must_hans82 mengatakan...

instropeksi diri sendiri
jgn menyalahkan org lain
sy pun kalau cramah g lucu g asyik
g ada yg minat

Trica Jus mengatakan...

=========================================
berbagi Kata Kata Motivasi cuy
Hidup ini penuh pilihan. Semakin baik keputusan yang kamu pilih semakin baik juga kamu dalam mengendalikan kehidupanmu.
=========================================

semoga dapat di terima :D

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host