Jumat, 15 Juli 2011

Keripik Maicih dari 15 Juta menjadi 4 Miliar (Kisah Sukses Pemuda 23 Tahun)


Dunia digital membuka peluang bisnis menggiurkan: menjadi kaya raya tanpa perlu menunggu rambut beruban. Bukan hanya bagi mereka yang mencipta aplikasi digital, tapi juga mereka yang memanfaatkan aplikasi tersebut.

Simak saja kisah Reza Nurhilman. Dengan keterbatasan dana membangun usaha, pemuda 23 tahun ini meraih sukses tak terkira berkat dunia maya. Ia memanfaatkan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter sebagai media pemasaran.Reza atau akrab disapa Axl adalah pemilik usaha keripik pedas 'Maicih', yang sempat membuat heboh remaja Bandung. 

Hanya setahun setelah meluncurkan usahanya di Twitter, ia mampu mengantongi omzet penjualan Rp4 miliar per bulan. Berangkat dengan modal sekitar Rp15 juta, ia membuat permainan yang memancing penasaran Facebookers dan Tweeps. Ia merancang lokasi penjualan berpindah-pindah setiap hari, yang hanya dapat diketahui dengan melihat status Facebook (#maicih) atau Tweet Maicih (@infomaicih).

Strategi itu sukses. Keripiknya menjadi barang buruan. Konsumen harus mengantre berjam-jam demi mendapatkan keripik superpedas itu. Bahkan, antrean pernah memanjang hingga satu kilometer. "Strategi pemasaran sengaja saya pilih berpindah-pindah sehingga orang penasaran untuk selalu mengetahui di mana keripik Maicih nongkrong," ucapnya. 

Latar belakang usaha?Saya itu lulus SMU di tahun 2005, empat tahun saya menganggur, dalam artian tidak kuliah. Saya baru kuliah itu 2009. Dalam empat tahun menganggur, saya jual beli barang seperti elektronik, pupuk. Semua saya jual. Akhirnya saya punya produk yang tepat dan kendaraan yang tepat.

Saya lahir dari tiga bersaudara, anak paling bungsu, dari ekonomi keluarga yang biasa-biasa saja. Waktu lulus SMU itu, ekonomi keluarga benar-benar drop, jadi saya memutuskan untuk menunda kuliah karena tidak mau membebani orangtua. Saya tidak memiliki figur seorang ayah, jadi mama saya banting tulang, kerja keras untuk menghidupi tiga orang anaknya. Saya tidak tega membebani lagi dengan biaya kuliah. 

Jadi selama empat tahun mulai agak berhasil apalagi dengan adanya Maicih.Jadi, jatuh bangunnya saya ini, sebelum saya memulai bisnis Maicih. Baru pas Maicih, mungkin momen dan waktunya tepat. Saya percaya Tuhan itu memberikan rezeki pada umatnya tidak terlalu cepat dan tidak terlalu terlambat. Tepat pada waktunya.Banyak orang yang mencibir mungkin tidak tahu kerja keras saya dalam membentuk bisnis ini. Sudah biasa. Jadi ya sudah tebal muka.

Tips anak muda untuk berbisnis?
Anak-anak muda itu harus jauh lebih yakin. Jika ingin menekuni sesuatu harus konsisten, ngotot, dan antusias. Kita harus semangat kalau kita punya sesuatu, kita harus yakin. Untuk menuju puncak itu memang tidak mudah, tidak semudah kita membalikkan telapak tangan, tapi ketika kita mengejarnya dengan yakin dan percaya, pasti akan tercapai.Maicih berawal dari impian, jadi kerja keras untuk mencapai impian tersebut itu harus. Tidak mungkin kita hidup selalu bergantung pada orang lain.  

(diolah dari vivanews)

19 komentar:

Gerry mengatakan...

Ijin share pak.untuk menginspirasi :)

Anonim mengatakan...

saya jg pingin kaya kang reza jg hebat, sy jg punya bisnis perusahan krupuk, gimana supaya lebih sukses kaya kang Reza, kaya bisa di share sama kita, dong?

zee wulan mengatakan...

emang g ada yg g mungkin..asal mau usaha dan dilengkapi dengan doa..pasti bisa banget..memang rezeki dariNya sesuatu bgt :)
Yuk semangat berkarya!!

jarko mengatakan...

salut buat akang..perjuangan tidak mengenal lelah,optimisme dan doa kedua orang tua..menuju kesuksesan..amin

Toko Online Khusus Buku-Buku Best Seller mengatakan...

Saya salut sekali dengan mas Reza...adalah suatu keniscayaan untuk bisa melampauinya...asalkan kita mau bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja tuntas, dan bekerja ikhlas...:)

Anggara Sugiharto
Pendiri Buku-BestSeller(dot)com

yordaniac mengatakan...

maiichi tuh ada dua ya? dua2nya punya kakak adik?
jadi mana yg lebih orisinil?

Keripik Maicih Official Website mengatakan...

Senang bisa menemukan ulasan yang positif mengenai Keripik Maicih, terimakasih banyak teman-teman. Semoga kedepannya menjadi lebih baik lagi dan menjaring pasar internaisonal

zepta arifin mengatakan...

sy sbnarnya iri klau liat anak muda yg sukses,apa lg dia brangkat dr modal pas2an,bkn krn dr ortunya yg udah kaya,tp iriqu ga negatif kok all,krn kpn aq bs sprti mrka?he he he

Keripik Maicih Official website mengatakan...

Memang bisnis yang sangat pesat, apalagi dengan sistem promosi dan pemasaran yang unik, seperti memanfaatkan blog atau social media, it's good.

Salam
Keripik Maicih - Official Website

Keripik Maicih Official Website mengatakan...

Jika kita bisa Memulai dari sekarang, ambil tindakan dan mulailah menapaki peluang sekecil mungkiin yang ada di hadapan kita, tidak hanya terpatok dari keripik atau usaha yang umum di masyarakat, cari sesuatu yang unik dan bisa berguna bagi orang banyak.

Terimakasih
Keripik Maicih - Official website

Keripik Maicih Official Website mengatakan...

Terimakasih atas informasi yang sangat berguna ini mas, semoga berguna bagi banyak orang terutama kita selaku reseller, hehe, sangat membantu dan menambah materi untuk teman-teman di luar sana yang membutuhkan informasi mengenai keripik maicih.

Salam Hangat,
Mochamad ali Mulyana - Keripik Maicih Official website

Anonim mengatakan...

waahh sumpahh keren bangett umur 23 udah sukses berat, sumpah bikin ngilerr, wahh berarti emang sukses itu tergantung niatt yaaa, makasih banyak infonyaa :)
mau ngasih info juga nih yang mau dapet dollar dengan hanya ngeklik iklan, mudah tanpa modal silahkan mencoba link ini http://www.clixsense.com/?4630637 , matur nuhun :)

ILC AL-MUFID mengatakan...

subhanallah, saya kagum sekali saat menonton tv menyaksikan Reza yg msh sangat muda tp udah jd pengusaha yg sukses. meuni kabita pisan. mdh2n rizqinya berkah ya.

Fukuyama mengatakan...

gimana caranya bisa bisnis online tanpa modal ya? soalnya klau pke modal uang tu susah, ada gak yang online tpi pake kreatifitas otak?

Keripik Maicih mengatakan...

Sukses adalah hak semua orang, bukan hanya satu pihak atau mereka yang beruntung, semua orang memiliki peluang yang sama, kita harus sadar terhadap hal tersebut.

mulailah dari anda sendiri, lihat potensi yang anda miliki, mulai berjalan dengan keyakinan & keahlian yang anda punya, kembangkan, fokus & komitmen.

keripik tempe mengatakan...

Memang bisnis Keripik sedang sangat pesat, apalagi dengan sistem promosi dan pemasaran yang unik, seperti memanfaatkan blog atau social media, Keripik Tempe

Distributor Keripik Maicih mengatakan...

Luar biasa, tulisan ini memiliki 126 komentar yang semuanya termotivasi oleh ke suksesan maicih di dunia kuliner indonesia.

annas ghufron mengatakan...

tiada kata yang pantas ku ucapakn keculi سبحان الله والحمدلله tetep semangt n semangt,,,, kalau niat sudah tertancap dalam hati jangan sampai ada sesuatu yang dapat menggugurkan niat n cita2 mulia ,,,,:)

annas ghufron mengatakan...

satu kata = sempurna...
kreatifitas tanpa batas..... keluarkan kemampuan puncak kita for our future
ayo anak bangsa indonesia semangt n semangt,,,,,,

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host