Senin, 29 Agustus 2011

Tips Amalan di Hari Raya Idul Fitri



1. Mari tunaikan zakat fitrah sebelum shalat ied. Ayo-ayo yang belum mengeluarkan zakat fitrah, segera ya untuk menggenapkan ibadah shoum kita.

2. Mulailah takbiran sejak Maghrib 1 syawal. Boleh juga berkeliling seperlunya tanpa bedug sampe isya. Hal ini menambah syiar Hari Penuh Kemenangan.

3.  Shalat ied-lah di pagi hari dan jangan lupa mendengerkan khutbahnya, karena khutbah ied satu paket dengan shalat ied.

4. Saling bertahniah (memberikan ucapan selamat) dengan doa: taqobbalallahu minna wa minkum, selepas shalat ied.

5.  Tidak ada dalil yang mengkhususkan lebaran untuk ziarah kubur, meskipun ziarah kubur itu sunnah sepanjang tahun.

6.  Tidak ada sunnah bermudik ria, meskipun silaturahim dengan kerabat dan birrul walidain sanagt disunnahkan sepanjang tahun.

7. Tidak ada sunnahnya pula saling "meminta maaf" saat lebaran, karena sunnahnya adalah saling "memaafkan" dan itu pun sepanjang tahun.

8. Perayaan iedul fitri tidak dibenarkan dengan petasan, rayakanlah dengan takbiran, shalat, mendengarkan khutbah dan saling bertahniah.

9. Tahniah lebaran intinya saling mendoakan agar ibadah ramadhan kita diterima Allah, bukan mohon maaf lahir batin.  Maka, cukuplah bertahniah "taqobbalallahu minna wa minkum".

10. Disunnahkan berpakaian terbaik adalah saat shalat ied di lapangan/mesjid, bukan saat silaturahim. Yang disunnahkan itu berpakaian dengan yang terbaik bukan baju baru. Meskipun biasanya yang baru identik dengan yang terbaik.

11. Shaum sunnah syawal itu enam hari, sebaiknya dilakukan tanggal 2-7 syawal berturut-turut, meskipun boleh juga tidak berturut-turut.

12. Qadha shaum boleh diakhirkan setelah syawalan, karena puasa syawalhanya di bulan syawal dan qadha shaum bisa di bulan lainnya.

(thanks to ustadz Hilman Rosyad atas kultweet-nya)


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host