Selasa, 16 Agustus 2011

Ya Ampun! Sudah 10 kali Batal Puasa!


Pesantren Kilat (sanlat) Ramadhan yang berlangsung di salah satu SMA Negeri di Tangerang Selatan menorehkan kejutan-kejutan yang menggelikan sekaligus memilukan hati. Tak hanya itu, sanlat yang berlangsung 3 hari kemarin (12,13 dan 15 Agustus) mengungkapkan fakta-fakta yang mampu membelalakkan mata.

Cerita berawal ketika sesi Mentoring, yaitu momen kakak pembimbing (mentor) berbagi cerita/pengalaman indah tentang mengaji serta adik-adik peserta sanlat bebas mengutarakan isi hatinya. Para peserta dipecah menjadi delapan kelompok. Diskusi bervariatif mulai dari masalah ibadah, puasa, taraweh, orang tua dan masalah Virus Merah Jambu alias percintaan.

Malam harinya, tibalah waktu evaluasi kegiatan mentoring yang telah dilakukan saat sanlat.    Saya bertugas menahkodai forum mentor tersebut. Terkuaklah realita yang unik, polos, lugu hingga yang memilukan hati. 

Berikut testimoni di kelompok Mentoring Kakak Rian
Mentor : "Bagaimana puasanya adik-adik?"
Peserta A: "Alhamdulillah hari ini saya puasa, Kak..."
Peserta B: "Biasanya sich susah puasa!"
Mentor: "Lho, emangnya sudah batal berapa kali? satu kali kah? atau sudah dua kali?"
Peserta A: "Sudah batal sepuluh kali, Kak!" jawabnya polos
Mentor: "Astaghfirulloh, hari ini 'kan sudah menginjak hari ke-14, berarti baru dapat 4 kali puasa???"
Peserta A: "Iya, habis nggak tahan sih, setiap pulang dari sekolah saya 'kan melewati warteg. Karena lapar akhirnya saya makan deh di warung."
Peserta B: "Betul, Kak. saya juga nggak bisa menahan perut yang keroncongan."

Masya Alloh, ternyata masih ada ya anak muda yang mudah tergoda oleh godaan warteg? hehe...

Lain lagi cerita di Mentoring Kak Tora
Mentor: "Bagaimana adik-adik sholat tarawehnya? Ada tidak di antara kalian yang belum bolong sholatnya?"
Peserta C: "Alhamdulillah, Kak, baru sempat sekali sholat tarawehnya.."
Mentor: "Serius? sudah menuju malam ke-15 baru sekali sholat tarawehnya. Kalo boleh tahu memangnya apa sich cobaannya? 
Peserta C: "Itu lho, Kak. saya sih izin sama ibu sholat taraweh,,, eh selesai sholat isya, saya ngelancong hang-out keluar masjid bareng teman-teman.... karena lumayan capek sich!"
Peserta D: "Kalau saya sich mendingan ,Kak! Sudah taraweh empat kali. Karena banyak tugas menumpuk dari sekolah jadi nggak bisa tiap hari deh sholatnya."
Mentor:"Wah ternyata berat juga ya bagi kalian untuk sholat taraweh. Janji ya, mulai detik ini, niatkan untuk sholat taraweh di masjid. Bisa jadi, awalnya berat, tetapi insya Allah nanti akan terbiasa kok."


Semoga mereka bisa berubah ya! Melihat realita ini harusnya mereka bisa mencontoh pemuda Gaza yang giat sholat di masjid meskipun dalam kondisi yang belum aman 100% di negeri Palestina.

Mentor Dodo pun tidak mau ketinggalan untuk sharing. 
Namun, bukannya bercerita tentang grup mentoring bimbingannya, sejenak Dodo menerawang seakan ingin mengumpulkan serpihan-serpihan masa lalunya
Dodo: "Kak, saya jadi teringat setahun lalu ketika masih duduk di kelas 12. Saat ini mungkin adik-adik kelas kita masih lebih baik. Mengapa? Bisa dibayangkan tahun lalu, saat sanlat ketika guru sedang memberikan materi banyak peserta putra yang terang-terangan makan mie instan masih dengan bungkusnya . Parah sekali kondisinya. Bahkan guru pun tidak sanggup untuk menasehatinya.

Separah itukah? Apakah hanya oknum? 


Tenang, masih ada satu lagi kelompok mentoring Kak Dani
Mentor: "Apa sih cita-cita kalian nanti saat dewasa?"
Peserta E: "Saya mau menjadi hafizh Quran, Kak! Sungguh bahagia kalau saya bisa memberikan syafaat kepada orang tua dan sepuluh orang yang saya sayangi, supaya mereka juga masuk surga."
Mentor: "Subhanalloh!!!"

Silakan menyimpulkan sendiri kondisi anak muda masa kini dari beberapa testimoni di atas. Namun, yakinlah selalu bahwa 'Harapan itu Masih Ada!"


(catatan: nama-nama mentor sengaja disamarkan)



follow @XL123 @VIVAnews @VIVAvlog



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host