Senin, 26 September 2011

Mau Diri Anda Melesat bak Roket? Ini Dia Jawabannya


Mau melesat bak roket? Mau menjadi pribadi yang efektif dan membanggakan? Ini dia jawabannya.

Dengan cara melatih mengembangkan  Manajemen Diri , menanamkan  kebiasaan untuk terus-menerus belajar dan menjadi manusia pembelajar yang senantiasa haus akan informasi dan pengetahuan.

Ada kutipan keren yang disampaikan oleh Henry Ford, pendiri General Motors yang mengatakan, ”Anyone who stops learning is old, whether at twenty or eighty. Anyone who keeps learning stays young. The greatest thing in life is to keep your mind young.”

Tidak peduli berapa pun usia kita, jika kita berhenti belajar berarti kita sudah tua, sedangkan jika senantiasa belajar kita akan tetap awet muda. Karena hal yang terbaik di dunia akan kita peroleh dengan memelihara pikiran kita agar tetap muda. Mengertikan, Sob??

Salah satu cara paling efektif untuk belajar adalah dengan membaca. Namun sayangnya, sebagian besar kita tidak pernah punya waktu untuk membaca.  Alasan utama yang sering kita sampaikan adalah kesibukan pekerjaan. Kita terjebak dalam rutinitas dan tekanan pekerjaan sehingga tidak memiliki kesempatan untuk mengasah gergaji kita,.

Padahal Oom Stephen Covey dalam bukunya The 7 Habits of Highly Effective People sudah memberikan analogi yang luarr biasa:
Diceritakan ada seorang Gurumelihat  seseorang yang sedang terburu-buru menebang sebatang pohon di hutan.
”Apa yang sedang Anda kerjakan? Tanya si Guru

”Tidak dapatkah Anda melihat?” demikian jawabnya dengan tidak sabar. ”Saya sedang menggergaji pohon ini.”

”Anda kelihatan letih!” Tanya sang Guru  ”Berapa lama Anda sudah mengerjakannya?”

”Lebih dari lima jam,” jawabnya, ” dan saya sudah lelah! Ini benar-benar kerja keras.”

”Nah, mengapa Anda tidak beristirahat saja beberapa menit dan mengasah gergaji itu?” saran sang Guru. ”Saya yakin Anda akan dapat bekerja jauh lebih cepat.”

”Saya tidak punya waktu untuk mengasah gergaji,” orang itu berkata dengan tegas. ”Saya terlalu sibuk menggergaji.”

Wah, mungkin kebanyakan dari kita mirip seperti penebang pohon di atas. Terlalu sibuk dan sibuk. Terbukti, membaca merupakan salah cara untuk memperbaiki dan meningkatkan keefektifan diri. Meskipun kita memiliki ”keterbatasan waktu”, jangan lupa untuk mengasah gergaji kita ya. Setuju???

twitter>> @isw_banna

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host