Selasa, 27 September 2011

Tips Mendapatkan Chemistry pada Saudaramu*


Sahabat, maukah kita memiliki keterikatan hati dan jiwa satu sama lain? Atau bahasa kerennya Chemistry? Ini dia tipsnya:

1. Menunjukkan kegembiraan dan senyuman bila berjumpa

Mulai sekarang, yuk Janganlah meremehkan kebaikan sekecil apapun, bahkan saat berjumpa dengan saudara kita, maka berikan dia senyuman terbaik senyuman kegembiraan. Dan, beberapa survei mengatakan senyum itu menular lho. Kalo kita senyum insya Alloh bisa mengajak orang lain untuk tersenyum juga. Belum lagi, tercatat sebagai amalan sedekah.
 
2. Berjabat tangan bila berjumpa (kecuali non mahram)
"Tidak ada dua orang mukmin yang berjumpa lalu berjabatan tangan melainkan keduanya diampuni dosanya sebelum berpisah." (HR.Abu Daud dari Barra') 
Wuih manteb banget hadits diatas, bertemu berjabat tangan dalam nuansa kasih sayang, dan automatically dosa-dosa kecil kita berguguran, bak daun-daun terhempas di musim gugur. Asyik kan?
 
3. Sering bersilaturahmi (mengunjungi saudara)
Imam Malik meriwayatkan : Berkata Nabi bahwa Allah berfirman:"Pasti akan mendapat cinta-Ku orang-orang yang mencintai karena Aku, dimana keduanya saling berkunjung karena Aku dan saling memberi karena Aku." 

Sepakat sekali dengan hadits diatas, kalo kita rajin-rajin berkunjung atau silatirahim (note: bukan silaturahmi lho) Alloh akan menambah kecintaannya pada kita. Mau kan? Belum lagi balasan dimurahkan rizki kita dan diberikan umur panjang saat bersilaturahim dengan saudara kita.
 
4. Memberikan hadiah pada waktu-waktu tertentu
"Hendaklah kalian saling memberi hadiah karena hadiah itu dapat mewariskan rasa cinta dan menghilangkan kekotoran hati." (HR. Imam Dailami dari Anas) 
Telah banyak pengalaman berbicara, orang mudah luluh saat kita memberikan hadiah dengan tulus kepadanya. Kebencian berubah menjadi cinta. Apalagi bagi yang sudah dekat makin merekat.
 
5. Memenuhi hak ukhuwah saudaranya
" Hak seorang muslim atas muslim ada enam, yaitu jika bertemu maka ucapkan salam kepadanya, jika diundang maka penuhilah, jika dinasehati maka nasehati pulalah dia, jika bersin maka doakanlah, jika sakit kunjungilah dan jika meninggal maka antarkanlah ke kubur." (HR. Muslim dan Abu Hurairah) 
Saat bertemu ucapkanlah salam
Saat diundang penuhilah
Saat dinasehati berikan pula nasehat
Saat ia bersin doakanlah
Saat sakit jenguklah
Saat meninggal hantarkanlah ke kubur
(Indahnya Islam, hal-hal detail seperti pun diatur dengan jelas)
 
6. Mengucapkan selamat berkenaan dengan saat-saat keberhasilan
" Barangsiapa mengucapkan selamat kepada saudaranya ketika saudaranya mendapat kebahagiaan niscaya Allah menggembirakannya pada hari kiamat." (HR. Thabrani) 
Saat saudara kita lulus Sidang skripsi, wisuda, ulang tahun,  menikah, melahirkan (mendapatkan anak), besanan dan momen-momen penting lainnya, tak ada salahnya kita mengucapkan SELAMAT dan mendoakan kesuksesannya.

 Selamat mencoba!!!

nb: makna saudara bukan hanya berarti saudara kandung kita bisa jadi sahabat dekat, rekan atau teman sejawat

twitter>> @isw_banna


Masuk jajaran terpopuler Vlog

1 komentar:

asaz mengatakan...

mantap neh gan shring artikelnya ditunggu coment bactnya di link artikenya ini

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host