Jumat, 21 Oktober 2011

Dimana Rasa Kemanusiaan Itu (Surat Terbuka untuk RS)


Senin malam (17/10), kakak ipar menuju Rumah Sakit (RS) di daerah Tangerang untuk menemani anaknya yang sedang dirawat. Saat hendak memasuki RS ada kejadian miris yang begitu menyayat hati.

Sebuah angkot tiba-tiba berhenti di depan RS dengan membawa dua orang laki-laki dengan kondisi terkapar berdarah-darah. Satu orang berusia sekitar 40 tahun dan satunya sekitar 25tahun. Sang sopir segera menuju IGD (Instalasi Gawat Darurat) untuk melaporkan kepada pihak rumah sakit. Sepertinya korban kecelakaan.

Petugas RS: “Apakah ada keluarga korban? Tolong mengurus administrasi terlebih dahulu, termasuk Uang Deposit untuk rawat inap.”
Sopir: “Bu, saya kan hanya mengantar korban dan nggak tahu dimana keluarganya. Tolong diurus dulu! kasian kan mereka meregang menahan sakit seperti orang kejang-kejang.”
Petugas RS: “Coba sekarang Bapak telpon keluarganya dulu.”

Setelah mencari-cari HP salah satu korban. Mengecek Daftar Nomor, akhirnya bisa menghubungi istri salah satu korban yang masih tekapar menahan sakit minta ampun. Setengah jam kemudian sang istri datang histeris sambil memeluk sang suami yang menjadi salah satu korban.
Guys, that was a very torturing situation!

“Bapak!!! kenapa bisa begini, Pak?” teriak sang istri histeris tanpa menadapat jawaban apapun dari sang suami yang sedang meregang.

Cukup alot, sang sopir dan istri korban meyakinkan pihak RS,  akhirnya dua korban kecelakaan tersebut tertolak untuk dilakukan tindakan medis dengan alasan administrasi. Apakah tidak ada pengecualiaan untuk korban kecelakaan, apa gunanya ada IGD?? Minimal dicek terlebih dahulu kondisi denyut nadi korban, luka atau apalah. Alasan klasik yang mereka sampaikan, yaitu ini sudah peraturan manajemen RS.

Memang kita tak adil kalo hanya menyalahkan sang petugas yang notabenenya hanyalah pelaksana kebijakan manajemen RS. Sekarang pertanyaannya, dimanakah Rasa Kemanusian Anda ketika melihat orang terkapar yang seyogyanya mendapatkan Pertolongan Pertama?

Semoga hanya RS ini yang memiliki kebijakan komersi tersebut. Sambil menghayal suatu saat ada satu rumah sakit besar yang siap siaga membantu kaum yang membutuhkan alias Dhuafa.

twitter > isw_banna

------------------------------------------------------------------------------
Sahabat bantu ‘Like’ tulisan ane, klik di DISINI.

Insya Alloh sebagian voucher belanja akan disedekahkan ke kampung pemulung di dekat rumah. Smoga kita bisa sama-sama berbuat kebaikan, insya Alloh akan diupload gambar penyerahan sedekahnya, kalo menang. Yuk sama2 sedekah dengan cara mudah.
-----------------------------------------------------------------------------------

Alhamdulillah tulisan ini dimuat di VivaNews dan Masuk Terpopuler:








6 komentar:

jamal lewinsky mengatakan...

itu pernah saya alami dulu,,, dan akhirnya adik saya terlambat ditangani sehingga meninggal..sungguh miris hampir semua rumah sakit seperti itu...^^ salam kenal ya semoga bisa menjadi teman sharing yang baik ^^

isw_banna mengatakan...

@jamal: ya ampuun sedihnya....... tolong pemerintah memperhatikan kejadian ini

ENZO MIZANI mengatakan...

Karena Rumah Sakit adalah bisnis, sisi kemanusiaan adalah sekedar pemulas dan pemanis bibir. Tak mengherankan kalau ada peristiwa kecelakaan orang lebih memilih untuk berlalu, membantu korban dengan membawa ke RS malah harus bertanggungjawab thd pembayaran. Itupun kalau punya, kalau tidak........?!

isw_banna mengatakan...

@enzo: agak dilematis ya,,,,, semoga RS lebih bijak dlm bertindak demi NYAWA MANUSIA

Anggoro W mengatakan...

Prestasi yang membanggakan. Mantap akh...! Tulisan blog antum jadi masuk yang terpopuler. Saya jadi tertarik ikut mencontek tipe-tipe tulisan itu.

Sapatau jadi terkenal mendadak.. ^^! (pahalanya banyak maksud ana, ana kan mau terkenal karena tulisannya bukan karena namanya yang mirip dengan nama seorang koruptor...
Jzklh khair.

Bang Said mengatakan...

Bikin geram saja

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host