Rabu, 26 Oktober 2011

Tips Atasi Jerawat di Punggung

-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kolom konsultasi kesehatan dan kecantikan ini diasuh oleh dokter muda dr.Titin Nurlaila. Sahabat, bisa mengirimkan pertanyaan tentang kesehatan dan kecantikan melalui email ke iswandi0402@gmail.com
--------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pertanyaan:

Saya  mahasiswa yang aktif di organisasi kampus, berangkat pagi dan pulang malam. Dalam keseharian saya selalu memakai baju berkancing dan di dalamnya saya menggunakan kaos/T-Shirt. Sudah 2 tahun ini punggung an ada semacam jerawat badan, namun anehnya hanya di punggung , wajah dan bagian tubuh DEPAN tidak ada jerawat sama sekali.

Setiap hari sudah saya bersihkan khusus untuk punggung , namun belum ada perubahan. Rencana ingin ke dokter, tapi sayangnya dompet yang masih tipis.

Semoga Ibu Dokter dapat membantu saya, APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN, OBAT ATAU SEGALA SESUATU AGAR SEMBUH jerawat di badan ini. Warnanya hitam2 soalnya, ngeri .

(Fulan, di Wonogiri)

dr. Titin Menjawab:
Daerah punggung, kelenjar minyaknya memang cukup aktif, ditambah kebiasaan mengenakan baju berlapis,membuat suhu tubuh meningkat dan mengeluarkan banyak keringat. Karena letaknya dibelakang tubuh,punggung  jadi agak sulit dibersihkan.

Nah,kombinasi dari produksi kelenjar minyak,keringat,kotoran dan sisa sel kulit mati menumpuk dan menutup folikel/lubang pori-pori  sehingga timbullah jerawat.

saran saya,
- kenakan baju yang tidak tebal dan cari bahan yang mudah menyerap keringat seperti bahan katun
- lebih sering mandi dan menggosok punggung dengan alat/sikat khusus punggung  yang bisa diperoleh di pasaran,fungsinya untuk membantu membersihkan kotoran dan sel kulit mati yang melekat.
-bisa dioleskan obat dalam bentuk tabur atau cair yang mengandung asam salisilat/ sulfur yang bekerja untuk mengeringkan jerawat dan mengurangi gatal
-jangan digaruk berlebihan karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit bahkan bisa sampai infeksi
-Biasanya setelah jerawat sembuh,akibat garukan, bisa timbul bekas kehitaman yang akan hilang dengan sendirinya walau butuh waktu lama,
-jika masih belum ada perbaikan,kunjungi dokter kulit terdekat
 
semoga jawaban ini bisa membantu ya.

Best Regard
Dr.Titin Nurlaila
Lihat profil Disini

------------------------------------------------------------------------------
Sahabat bantu ‘Like’ tulisan saya, klik di DISINI.

Insya Alloh sebagian voucher belanja akan disedekahkan ke kampung pemulung di dekat rumah. Smoga kita bisa sama-sama berbuat kebaikan, insya Alloh akan diupload gambar penyerahan sedekahnya, kalo menang. Yuk sama2 sedekah dengan cara mudah.
-----------------------------------------------------------------------------------

3 komentar:

saidialhady mengatakan...

nice info pak.. :)

banna mengatakan...

@saidi: monggo kalo ada pertanyaan

Anonim mengatakan...

nitip pertanyaan dong pak... benar atau nggak kalau jerawat itu berhubungan dgn fungsi kelenjar getah bening yg tidak bekerja dgn baik? apa sebenarnya fungsi kelenjar getah bening itu sendiri? terimakasih... ^-^

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host