Rabu, 30 November 2011

Berkat Internet Menjadi MC Populer (Diary XLangkah Lebih Maju)

(interview with Maher Zain)
Pada kesempatan ini, saya akan menceritakan petualangan bersama internet yang berhasil membuat saya XLangkah Lebih Maju. Lebih maju dari kondisi sebelumnya termasuk lebih maju dari teman-teman yang lain. Dari internet menghantarkan diri menjadi penyiar radio, mewawancarai Maher Zain hingga menjadi MC (Master of Ceremony)  populer.

Cikal Bakal Announcer (Penyiar Radio)

Berawal dari jejaring social facebook, muncullah kesempatan chatting dengan salah satu manajemen pada radio muslim di daerah Tangerang. Kami diskusi tentang musik religi dan berbagai hal kekinian lainnya yang membuat kami langsung connected.

Kisah berlanjut hingga saya diminta untuk hadir wawancara. Alhamdulillah saya memenuhi kriteria untuk menjadi penyiar sekaligus Music Director (MD) di radio tersebut.  Duduk di kursi penyiar membuat saya dan rekan radio harus stay connected with internet untuk membacakan berita-berita terkini termasuk update dunia islam terkini. Tidak berhenti disana, bertugas sekaligus sebagai Music Director mengharuskan saya untuk tetap online  di internet dalam rangka menghubungi jaringan radio-radio di seluruh indonesia.

Berawal dari mimpi, saya dan manajemen berinovasi  melakukan streaming radio  (ketika itu masih jarang). Sehingga, radio kami dapat menjangkau lebih luas lagi pendengar tidak hanya di area Tangerang saja namun dapat dinikmati pula di kota lain baik nasional maupun internasional. Such a miracle! With internet it grows faster. Belum lagi jejaring sosial yang sangat efektif untuk mempromosikan program-program unggulan radio kami. Update di facebook dan twitter. And it works! Internet membuat kami XLangkah Lebih Maju.
(talkshow with Mamah Dedeh)

Berkahnya berjibaku di radio, beberapa job pun mengalir semenjak menjadi penyiar, terutama dunia presenter/MC. Mulai dari MC event audisi solois 2010, MC Islamic Book Fair hingga menjadi moderator talkshow bersama Mamah Dedeh di Istora Senayan. What a fabolous experience. Saya tidak menyangka bisa sejauh ini, semua berawal dari satu kata yang bernama internet yang menjadikan saya XLangkah Lebih Maju.

Internet dan Maher Zain

Dunia presenter menghantarkan saya menjadi utusan aliansi radio islam se-Indonesia (ARIN) untuk mewawancarai Maher Zain saat promo album di awal bulan Mei kemarin. Melalui email, rekan siar di ARIN mengirimkan konsep wawancara (of course in English) yang akan saya bawakan saat interview. Sebuah kesempatan emas bagi saya untuk mewawancarai ikon musik religi internasional seperti Maher Zain.  

Berkat internet saya mengenal Maher Zain lebih dini dibandingkan yang lain, yakni sekitar bulan September 2009. Kala itu Awakening (label rekaman Maher Zain bernaung) merilis video musik pertama Maher Zain di Youtube.  Saat itu Maher Zain belum booming seperti saat ini. Segera saya telusuri informasi di internet tentang Maher Zain termasuk lagu-lagu karyanya yang diprediksikan akan menjadi 'hits' di Indonesia.

Ternyata terbukti, demam Maher Zain mewabah di Indonesia. Ditambah salah satu major label ternama di Indonesia menggaet Maher Zain untuk mendistribusikan albumnya di Indonesia. Dahsyatnya, album Maher Zain meledak dan mendapatkan penghargaan 10 platinum pertanda laris manis bak kacang goreng.

Berkat Internet Dapat Tiket Gratis Konser Gratis Maher Zain

Berkat internet pun saya dan istri mendapat kesempatan gratis nonton langsung konser Maher Zain September lalu. Apa sebab? Saya berpartisipasi dalam kuis via  twitter di salah satu portal majalah anak muda. Dengan segala perjuangan di twitter, akhirnya saya berhasil mendapatkan dua tiket gratis dan bisa menikmati konser Maher Zain bersama istri. Alhamdulillah Yah berkat internet saya tidak perlu mengeluarkan uang ratusan ribu rupiah untuk dua tiket konser. Lagi-lagi internet membuat saya XLangkah Lebih Maju.

From Internet to Popular MC 
(setelah nge-MC Wedding)

Setelah saya upload video Wawancara Maher Zain di youtube , banyak rekan-rekan yang mengapresiasi. Walhasil, banyak tawaran datang untuk menjadi MC, mulai dari acara kantor, seperti Pelantikan,  Rapat Tahunan Koperasi Kantor, PHBI (Peringatan Hari Besar Islam), Pisah Sambut Pejabat, Apel Pagi Bulanan dan acara protoker lainnya. Belum lagi job MC wedding, baik itu akad nikah maupun resepsi. It was fun. 

Ternyata media internet berhasil  menyihir saya menjadi  XLangkah Lebih Maju. Termasuk memudahkan akses rekan-rekan yang meminta jasa saya menjadi MC beberapa event. Sebagai ilustrasi, ketika rekan ingin memakai jasa saya selaku MC, mereka harus mengirim konsep dan detail susunan acara via email. Selanjutnya dipelajari dan saya berikan masukan-masukan yang kreatif bagi panitia. Segera saya kirim email balasan untuk melakukan konfirmasi, termasuk deal-deal lainnya. Betapa mudahnya di era digital ketika internet dengan segala aksesorisnya dapat melancarkan segala urusan (tentunya tanpa melupakan ikhtiar dan doa ya).


Social media on internet will ease your branding image
(MC Pelantikan)
 
Satu lagi hal yang menguntungkan dari internet adalah adanya social media terutama Facebook dan Twitter yang secara langsung maupun tidak langsung dapat mempublikasikan eksistensi kita. Sehingga, beberapa rekan makin yakin akan talenta dan kemampuan yang kita miliki (tanpa bermaksud show-off). Terbukti, branding image melalui social media memudahkan saya untuk mendapatkan deal-deal berikutnya.

Hingga saat ini, banyak rekan yang berkelakar dengan menyebut saya sebagai MC Maher Zain. Akibat  Branding Image di Internet melalui Facebook dan twitter . Thanks God for Everything You Gave to me, including #Internet. Bersama internet saya menjadi XLangkah Lebih Maju.

Japos, 30/11/11
Iswandi Banna


note: thanks to XL yang telah mengadakan event XLangkah Lebih Maju.


7 komentar:

Cara Membesarkan mengatakan...

posisi boleh ndeso... tp pemikiran dan pengetahuan kita harus luas, seluas jaringan XL

Maryulisman mengatakan...

senang bacanya... senang punya rekan populer... barokallah...

INSPIRASIKU mengatakan...

ceritanya mantab bos

sukses terus bersama XLangkah Lebih Maju

banna mengatakan...

@cara : sepakat oom berpikiran luas seluas jaringan XL

@kang maryu: wah sama2 kangmas

@inspirasi: cerita ente juga mayan hehe

Amar ma'roov d_azeez mengatakan...

subhannallah , memang tekhnologi itu akan menjadi manfa'at atau mudhorot trgantung kpada pmakainya .

cakka mengatakan...

menarik sekali pengalamannya, semoga saya juga bisa... lelah sekali menjadi karyawan.. hehe

banna mengatakan...

@amar: iya sepakat pintar2 memanfaatkan teknologi

@cakka: insya Alloh u'll find the way

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host