Senin, 26 Desember 2011

Serunya Pelatihan Pemuda Generasi Harapan Bangsa

Tepat sekali sebuah ungkapan bahwa pemuda masa kini menentukan kondisi masa depan suatu bangsa. Bisa dibayangkan kondisi suatu bangsa dengan pemuda bergaya hidup santai dan ‘having fun’. Sebaliknya, ketika pemuda telah serius menata diri dan semangat menggapai prestasi gemilang bisa dipastikan atas seizin Alloh bangsa tersebut akan maju secara akhlak maupun peradaban.

Oleh karena itu Iqro Club (Lembaga yang concern terhadap pelajar) zona Pondok Aren menyelenggarakan sebuah agenda besar akhir tahun bernama ISOMA (Islamic Youth Improvement Training) selama dua hari (24-25 Desember) berlokasi di Sekolah Alam Bintaro. Alhamdulillah rangkaian acara diikuti oleh 31 peserta (23 putra & 8 putri) usia kelas satu dan dua SMA/K.

Rangkaian acara berupa presentasi materi yang disampaikan oleh narasumber yang kapabel. Tidak ketinggalan kontemplasi di malam hari bersama trainer Iqro (ust.Ade Kusnan) yang sukses membius peserta menangis mengakui segala kekhilafan khususnya dosa kepada orang tua. Dilanjutkan acara Jalan Malam dengan konsep pematangan Aqidah, Ibadah, dan Ukhuwah.

Yang mengesankan terjadi di Pos Ibadah. Peserta dipersilakan sholat malam sendiri-sendiri di hamparan tanah beralaskan terpal di bawah naungan langit malam bersinergi dengan alam. Selesai dua rakaat, masing-masing melafazkan untaian doa sesuai dengan apa yang dimohonkan. Hebatnya ada satu peserta yang dengan khusyuknya berdoa dan melafazkannya layaknya seorang ustadz muhasabah. Tak kuasa saya pun terharu mendengarnya. Doa yang keluar dari pelajar usia 16 tahun.
sholat di tengah alam terbuka
Esok hari berlanjut dengan sesi Outbond. Sayangnya, agak anti-klimaks, karena tim outbond yang kami sewa ternyata overexpected alias kurang memuaskan. Walhasil, banyak peserta yang kecewa. Acara ini ditutup pada pukul 14.00 WIB, sebelumnya diisi dengan pemberian hadiah bagi peserta dengan berbagai kategori terbaik: Peserta dengan doa terbaik, berani kotor, paling menghibur, dan kategori menarik lainnya.

Harapan besar dari kami para penggiat pemuda dan pelajar. Semoga kita mampu memberikan atensi besar bagi perkembangan mental, akhlak, karakter, wawasan dan team-buiding mereka sehingga menjadi satu paket pemuda yang siap membangun peradaban negeri ini.

Wallahu ‘alam bish showwab

Iswandi Banna
Twitter: iswbanna

Bonus:
Beberapa masukan bagi panitia>

-Bidang  acara: sebaiknya komunikasikan dengan matang bilamana outsourcing dengan pihak lain terkait acara

-Bidang Perlengkapan: personil tim sebaiknya ditambah disesuaikan dengan beratnya beban di bidang acara

-Bidang Konsumsi: klarifikasikan penjemputan untuk konsumsi makan besar maupun snack

4 komentar:

Ma'arif Siregar mengatakan...

Subhanallah, seru sekali sepertinya bang
wah kalo agenda kayak gini saya siap jadi seksi dokumentasinya hehe

iswbanna mengatakan...

@maarif: wah iya ya antm ga pulkam kemaren?

Ma'arif Siregar mengatakan...

ane ga pulkam bang, jadi kalo akhir tahun iqro' ada acara ane insyaallah siap. hehe

Khairul Anwar Al-Banna mengatakan...

terharu saya membacanya..
salut saya sama yg berdo'a seperti ustadz muhasabah

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host