Senin, 21 Mei 2012

Dari Wayang hingga Rapper dukung Palestina @Karawang

Dari Kota Pangkal Perjuangan untuk Kemerdekaan Palestina

Tiada henti negeri ini harus menyuarakan pesan untuk mendukung kemerdekaan rakyat Palestina dan pembebasan Al Quds. Salut dengan kiprah Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) yang kerap menggelar event munashoroh dengan titel ‘Konser Nasyid Kemanusiaan untuk Rakyat Palestina’. Karawang menjadi kota berikutnya dari rangkaian roadshow ke beberapa kota.

Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional (20 Mei) Ahad kemarin dipancarluaskan dari Lapangan Karang Pawitan KNRP bekerjasama dengan Forum Karawang Peduli Palestina mengajak warga Karawang dalam rangka menguatkan persepsi untuk mendukung secara moril, doa dan sumbangan terbaik yang dimiliki. Sekitar seribu warga berkumpul dari anak-anak hingga orang tua begitu antusias menyaksikan pagelaran konser nasyid, drama, dan orasi para tokoh peduli Palestina.  

Penampilan Angklung Super-Kreatif

Adik-adik dari SMPIT Mentari Ilmu Karawang membuka pagelaran dengan penampilan elegan simphoni belasan angklung diiringi perkusi dan keyboard. Lagu ‘Menjadi Diriku’ edCoustic terdengar beda dengan aransemen angklung  termasuk lagu ‘Manuk Dadali’ yang terdengar begitu indah. Selepas Angklung, adik-adik dari Sekolah Alam Karawang beraksi dengan nama Saka Band yang dengan kreatif menampilkan perkusi dari barang-barang bekas, sebut saja drum bekas, botol bekas dan alat-alat plastik bekas lainnya. Semakin dipukul semakin semangat! Masih dengan persembahan nasyid, kali ini datang dari Al Fath Muslim Voice yang membawakan lagu ‘Pemuda Palestina’ edCoustic dengan akustik ditambah dua lagu berikutnya sebelum acara formal dimulai.

Opening

Tepat pukul 09.00 WIB, acara Konser Kemanusiaan dibuka oleh dua MC kita kang Banna dan Kang Rahmat (beserta wayang dakwahnya). Catatan untuk Kang Rahmat, beliau hadir tidak sendiri, karena ternyata didampingi wayang golek asuhannya seperti Cepot, Nini, Abah, Aa Jim, Ust Zain, Qadhafi, dan tokoh wayang lainnya yang juga ditampilkan memeriahkan pagelaran akbar ini. Talenta yang cukup unik, apalagi Kang Rahmat mengemas hiburan wayang golek dengan nafas dakwah.

Sambutan pertama datang dari Tokoh Pembina Forum Karawang Peduli Palestina yang begitu berapi-api menggugah kesadaran warga Karawang untuk terus berkontribusi memberikan dukungan dan sumbangan terbaik bagi saudara-saudara kita di bumi Palestina.  Setelah sambutan yang lebih mirip orasi, acara dilanjutkan dengan performance unik adik-adik kita dari SDIT Harapan Umat Karawang membawa nama  ‘Harum Voice’ dengan semangat meski apa adanya nasyid Izzis ‘Generasi Harapan.

Infak Terbaik

Himbauan dari MC untuk memberikan infak/sunduq/sumbangan terbaik terus digaungkan. Tercatat pada pukul 09.30 waktu Karawang baru terkumpul 14Juta Rupiah, jauh dibandingkan event yang sama di Depok dan Bekasi. Tapi penggalangan dana masih berlanjut. Acara berlanjut dengan orasi tokoh dari Ustadz fajar Nasrul Haq,Lc dari Dewan Dakwah dan Ust Abdurrahim ketua umum PUI. Alhamdulillah mampu menambah spirit hadirin untuk semangat memberikan dukungan bagi rakyat Palestina terutama donasi riil.

Wayang  Dakwah alias Cepot Haroki
Cepot Haroki
 Yang fresh dalam Konser kali ini adalah munculnya aksi Wayang Dakwah yang memang dekat dengan kebudayaan warga karawang dengan kultur Sunda-nya. Wayang dakwah yang biasa dikenal dengan brand ‘Cepot Haroki’ berhasil menghibur audiens dengan banyolan-banyolan khas bahasa Sunda namun tetap Haroki karena mengusung tema Tarbiyah, dakwah dan Palestina. Luarrr Biasa menginspirasi.

Orasi Tokoh

Orasi berikutnya datang dari Relawan Indonesia yang baru saja tiba di Indonesia setelah beberapa pekan berhasil ke Gaza dalam rangkaian Syaddu Rihal Ilal Aqsha. Beliau dengan berapi-api menginformasikan kondisi terkini Rakyat Gaza yang kekurangan air bersih, pasokan lisrik, bahkan makan pun hanya mampu satu kali dalam sehari. Belum lagi kondisi beberapa warga yang membangun rumah dari puing-puing reruntuhan akibat serangan bom zionis Israel. Begitu Miris. Namun, hebatnya TIDAK ADA PENGEMIS di bumi Gaza. Allahu Akbar!

Perwakilan DPR RI pun turut menyuarakan dukungannya di panggung, beliau adalah Ust Dr. Mardani Ali Sera yang begitu antusias memompa semangat dan kesadaran hadirin akan kepedulian terhadap kondisi terkini di bumi Palestina. Bahkan Bupati Karawang pun hadir memeriahkan acara sekaligus memberikan motivasi dan sumbangan langsung yang akan didonasikan melalui KNRP.

Penampilan Menghentak Ebith Beat A dan Izzatul Islam

Ebith Beat A*
Dua penampilan terakhir dari rangkaian konser adalah dua musisi nasyid skala nasional yang memang terkenal dengan aksi panggung yang menggelorakan. Mereka adalah Rapper Muslim, Ebith Beat A dan Grup nasyid senior Izzatul Islam (Izzis).

Kang Ebith tampil full team dengan crew-nya, drummer, gitaris dan uniknya seorang DJ. Benar-benar all-out.  Lagu nasyid pertama tepat sekali dipilih khusus bagi warga Karawang yang berbahas Sunda ‘Dina Hamparan Sajadah’ dan ‘Eling Eling’. Semakin memanas suasana lapangan Karang Pawitan, apalagi kang Ebith cukup komunikatif dan atraktif di panggung. Walhasil, lagu-lagu ’24 Tahun’ ‘Surat Cinta untuk Palestina’ dan ‘Muhammadku” mampu menghipnotis audiens untuk terus bergerak dan memberikan infak terbaiknya.  
Izzatul Islam
 MC mengumumkan hasil perolehan infak hingga pukul 11.00 WIB adalah baru 65.140.000, 3 buah cincin, 2 pasang anting, dan satu buah HP. Masih dibuka terus peluang berinfak hingga akhir acara. Seperti biasa, penampilan penutup menghadirkan Izzis untuk menuju klimaks acara. Karya-karya Izzis terus berdengung membakar semangat hadirin di Lapangan Karang Pawitan seperti ‘Gaza’ ‘Generasi Harapan’ ‘Rabithah’ dan nasyid-nasyid haroki Izzis lainnya.
MC dan Stage Manager (Kang Rahmat-Kang Banna- Agung Bhaskara)

Sebuah pengalaman mengesankan bisa terlibat dalam pagelaran konser kemanusiaan KNRP apalagi kesempatan kali ini adalah ourdoor. Salut dengan kerja tim yang mengeluarkan effort lebih dibandingkan format indoor beberapa event sebelumnya. Semoga menjadi amal kebaikan. Dukung terus kemerdekaan Rakyat Palestina. Dukung terus pembebasan Al Quds Tercinta. Allahu Akbar!

Best Regards
Iswandi Banna
Twitter iswbanna

4 komentar:

Cinta Hakiki mengatakan...

Subhanallah..

izin share..

Mark Zuckerberg Ganti Status mengatakan...

wow, acaara yang sangat kreatif ya.. semuanya ngumpul... gak ada di tempat ane sih...he

berkunjung balik ya

Agunx Agoenx mengatakan...

Berbagi KIsah, Informasi dan Foto

Tentang Indahnya INDONESIA

www.jelajah-nesia.blogspot.com

iswbanna mengatakan...

@cinta haroki: tafadhol akhi

@mark: tinggal dimana? boleh kita roadshow

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host