Senin, 11 Juni 2012

Keteledoran Gramedia

Geram juga ketika membaca berita dari islamedia tentang buku '5 Kota Paling Berpengaruh di Dunia' karya Douglas Wilson. Buku terbitan Gramedia ini sempat beredar dan cukup meresahkan.

Di halaman 24 ketika membahas kota Yerusalem, ditulis, 
"Selanjutnya ia (Muhammad) memperistri beberapa wanita lain. Ia menjadi seorang perampok dan perompak, memerintahkan penyerangan terhadap karavan-karavan Mekah. Dua tahun kemudian, muhammad memerintahkan serangkaian pembunuhan demi meraih kendali atas Madinah, dan di tahun 630 SM ia menaklukan mekkah."

Begitu pula pada halaman 25 alinea kedua dan ketiga.  Penulis menafsirkan bahwa agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad selalu ditegakkan dengan pedang.

Hal yang seharusnya dilakukan Gramedia sebelum buku diterbitkan:

1. Sebuah buku sudah melewati seleksi editor yang sangat ketat sehingga Gramedia harus bertanggung jawab terhadap terbitnya buku ini.
Jika penerjemah dan editor buku sudah mengetahui ada pernyataan penulisnya Douglas Wilson semacam itu yang melukai umat Islam semestinya juga tidak direkomendasi untuk dicetak Gramedia dan didistribusikan di tengah Indonesia yang mayoritas beragama Islam.

2. Akhirnya Pihak Gramedia  berjanji akan menarik sekaligus memusnahkan buku karangan penulis Douglas Wilson tersebut. 

Berikut isi lengkap surat permintaan maaf tersebut yang ditanda tangani oleh direktur utama Gramedia Pustaka Utama, Wandi S Brata.

"Dengan ini mewakili Penerbit Gramedia Pustaka Utama, kami mohon maaf sebesar-besarnya atas keteledoran kami telah menerbitkan terjemahan bahasa Indonesia “5 Kota Paling Berpengaruh di Dunia”, apa adanya, dari buku asli berjudul “5 Cities that Ruled the World”, karya Douglas Wilson. Tidak ada unsur kesengajaan dalam hal ini, dan karena itu kami telah menarik buku tersebut, dan segera memusnahkannya."

Semoga pihak Gramedia bisa lebih teliti dan tidak teledor menerbitkan buku-buku yang berpotensi meresahkan umat.


Best Regards
Iswandi Banna
twitter iswbanna

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host