Jumat, 20 Juli 2012

Pengalaman Ramadhan Mengejutkan di Masa Kecil


Knok knok setelah sidang itsbat semalam, Ramadhan hadir kembali menyapa kita. Ada banyak hal yang harus diraih selama bulan penuh keberkahan nanti. Selintas pikiran beralih ke beberapa tahun silam saat masa kanak-kanak di bulan Ramadhan.

Baca Quran, kok malah dikasih duit.
Kejadian ini terjadi saat berada di bangku kelas 4 SD (kalo ga salah). Seperti biasa, sepulang sekolah saya lebih senang menghabiskan waktu di masjid, untuk baca Quran atau hanya sekedar tidur-tiduran ala kucing. Biasanya ada beberapa teman yang ikut menemani, tapi lebih sering sendirian.

Singkat cerita, di satu siang saat asyik membaca Quran di pojok masjid, ehh tiba-tiba ada seorang bapak usia 40-an menghampiri dan ujug-ujug memberikan selembar uang Rp 10.000 an. Nilainya lumayan lho untuk ukuran anak SD waktu itu. Maklum, masjid kami berada di pinggir jalan besar, jadi banyak para pelintas jalan yang mampir untuk menunaikan sholat. Berkahnya tilawah langsung dibayar dengan rezeki nomplok.  
Ramadhan bulan keberkahan.

Juara Sanlat
Hal berkesan yang masih terngiang di masa kecil adalah saat ikutan Pesantren Kilat (sanlat) di masjid dekat rumah. Sanlat jadi acara yang diidam-idamkan hampir sebagian anak-anak di 6 RT. Sekitar 100-an peserta antusias berbondong-bondong ke masjid untuk mengikuti acara. Biasanya Sanlat berlangsung selama satu pekan. Dimulai dengan materi ba'da ashar, buka bersama, mabit hingga perlombaan-perlombaan unik seperti cerdas cermat, adzan, hapalan Quran, dsb.

Menariknya, di akhir acara panitia memilih satu peserta terbaik. Yang mengejutkan adalah ketika nama saya dipanggil untuk maju mengambil sertifikat sebagai peserta terbaik. Unforgettable Moment. Sejak momen indah itu, saya berikrar harus membuat event yang sama di usia remaja nanti. Alhamdulillah sudah terealisasi. 
Ramadhan bulan kompetisi dalam kebaikan. Fastabiqul Khoirat.

Bagaimana pengalaman Ramadhan Anda di masa anak-anak?

Best Regards
Iswandi Banna
Twitter iswbanna

foto : dokumentasi pak Kurnia

4 komentar:

maarifsiregar.com mengatakan...

wah keren bang dari kecil abang udah sholeh, udah rajin tilawahnya...

Marhaban ya Ramadhan, Mohon maaf lahir dan bathin bang...

iswbanna mengatakan...

@maarif: aamiin kayaknya ga beda ma antum deh hehe

VILLA BUMI RATIMANJARI CIMAHI mengatakan...

oke banget artikelnya... saya ikut kutip ya... jazakallah

VILLA BUMI RATIMANJARI CIMAHI mengatakan...

oke banget kang... ikut ngutip yaaaa...

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host