Jumat, 13 Juli 2012

Sudahkah Peran Tertunaikan?

Menikmati hidup terasa nikmat jika bisa bermanfaat bagi orang lain. Nyatanya, seringkali kita silaf berbuat dzolim kepada mereka. Menyakiti  dengan tutur yang kurang sedap didengar, kerap ingkar janji, bahkan secara diam-diam dengki. Padahal cukup jelas Rasululluh beserta Abu Bakar dan sahabat-sahabat terbaik di eranya memberikan contoh yang superduber untuk ditiru.

Menapaki dunia ini akan lebih lapang jika peran-peran sebagai manusia dilaksanakan dengan apik dan rapi. Teringat dengan teori bang Satria Hadi Lubis dalam buku ‘Breaking the Time’ yang mengupas semua peran yang melekat dalam diri manusia. Pertanyaannya, sudahkah kita memerankannya dengan Cinta?

Sudahkah kita menjadi anak yang senantiasa meneduhkan hati orangtua? Memudahkannya bukan menyulitkannya dengan masalah-masalah yang memusingkan.

Sudahkah menjadi suami/istri yang menjalani mahligai rumah tangga dengan penuh Cinta? Melihat kelebihan masing-masing bukan mempermasalahkan kekurangannya.

Sudahkah menjadi orang tua yang sabar dan tulus mengajarkan anak-anak? Berusaha memberikan bekalan yang cukup untuk mengarungi dunia ini bukan menghukumnya dengan omelan-omelan sampah.

Sudahkan menjalankan fungsi sebagai sahabat setia?  Giat memberikan nasihat demi kebaikannya bukan meng-iya-kan setiap tindakan yang dilakukan, apalagi kemaksiatan.

Sudahkah menjalankan peran sebagai pemimpin yang amanah? Sebagai pengurus masjid? organisasi kepemudaan? kampus? kantor? atau berbagai tempat yang menuntut kepemimpinan kita.

Ketika satu peran terganggu, biasanya aktivitas keseharian pun akan goyah. Maka, Islam menawarkan konsep yang luar biasa bernama ‘Tawazun’ bermakna keseimbangan. At Last, mohonlah kepada Alloh agar memudahkan urusan kita dalam menjalankan seluruh peran sehingga pundak terasa ringan dan amanah tertunaikan. Wallahu ‘alam bishshowwab.

Best Regards
Iswandi Banna
twitter iswbanna

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host