Minggu, 02 September 2012

Jerawat oh Jerawat [Healthy with dr.Titin]

Kolom konsultasi kesehatan dan kecantikan ini diasuh oleh dokter muda dr.Titin Nurlaila. Sahabat, bisa mengirimkan pertanyaan tentang kesehatan dan kecantikan melalui email ke iswandi0402@gmail.com Dengan subject: Health with dr.Titin.

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr.wb dr. titin
Perkenalkan  nama saya anindya berumur 19 tahun dan masih menjadi mahasiswi di universitas negeri.

Saya ingin bertanya pada dokter  tentang masalah wajah. Wajah saya berminyak dan di daerah yang berminyak selalu ada jerawat yang tidak telalu besar tetapi banyak. Saya agak terganggu melihatnya, karena itu mungkin dokter bisa memberi masukan kira-kira obat apa yang bisa saya gunakan untuk mengurangi kadar minyak di wajah dan mengurangi jerawat kecil tersebut.

Sampai hari ini atas anjuran kakak, saya menggunakan mediklin, obat penghilang jerawat. Saya oleskan obat  ke bagian dahi, dagu, dan sekitar hidung. Hasilnya, jerawat di area hidung sudah berkurang, tetapi jerawat di dagu dan dahi tetap tidak menghilang juga, padahal pemakaian obat digunakan bersamaan.

Satu lagi pertanyaan Dok, apakah ada obat yang bisa memutihkan atau mencerahkan wajah tetapi tidak menimbulkan ketergantungan pada obat itu? Sebab, dari pengalaman saya pasti harus beli lagi dan lagi. kalau ada apa mereknya dan berapa kira-kira harganya ya?

Terima Kasih atas kesediannya membantu dr. titin :)
Wassalamualaikum wr.wb

 ----------------------

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wrwb Anindya. Salam kenal juga. Terima kasih atas pertanyaannya.

Usia Anindya saat ini masih 19 tahun khan? Berarti masih remaja yaa. Pada usia tersebut pengaruh hormonal yang masih fluktuatif sangat besar, terutama hormon androgen. Hal ini menyebabkan kulit lebih banyak menghasilkan sebum ( minyak ) pada kulit terutama wajah. Biasanya setelah memasuki usia 20-25 tahun hormonnya akan  lebih stabil.

Pemicu timbulnya jerawat bukan hanya hormonal, tetapi termasuk kebiasaan makan makanan yang digoreng, kacang, coklat, kekurangan serat (terdapat pada sayur dan buah) dan kurang minum air putih. Ini tentu saja menambah kemungkinan kulit menjadi tidak sehat. Belum lagi kebiasaan tidak mencuci wajah dengan sabun atau cairan pembersih wajah sebelum tidur. Mengapa? Karena seharian wajah kita diterpa banyak radikal bebas seperti sinar matahari dan debu/polutan yang membuat kulit wajah kotor. Jika tidak cermat dibersihkan, kotoran dan sel kulit mati akan menumpuk dan menutup pori-pori. Maka muncullah komedo.

Komedo adalah cikal bakal menjadi jerawat (acne bakterialis) jika ada bakteri ikut menunggangi . Kalo dari pernyataan Anindya, sepertinya jerawat kecil-kecil di dahi dan dagu itu adalah komedo. Biasa orang-orang  menyebutnya beruntusan. Jika sudah sempat merah, akan muncul nyeri dan tampak nodus/ benjolan dipermukaan kulit, ini bisa yang selanjutnya disebut acne/jerawat.

Obat-obat  yang dijual di pasaran biasanya mengandung zat-zat yang sifatnya meredakan jerawat/bruntusan biasa.Boleh digunakan, tetapi untuk jerawat yang kemerahan dan nyeri sebaiknya mengunjungi skincare terdekat  untuk dilihat langsung jenis jerawatnya oleh dokter kecantikannya,agar terapi yang diberikan bisa lebih tepat.

Satu hal lagi usahakan cukup tidur, jangan tidur terlalu larut dan manajemen stress dengan baik yaa, karena hal tersebut  juga dapat memicu timbulnya jerawat. Mengenai obat pencerah yang dijual di pasaran dgn berbagai macam merek bisa dicoba. Pastikan produk halal 100% dan aman bagi pengggunanya  dengan melihat  NO reg BPOM nya. Tetapi ingat ya,kadang krim pencerah A cocok untuk org lain,namun belum tentu cocok untuk kulit kita, begitu pun sebaliknya. Dan selalu gunakan produk pencerah yang sesuai degan usia Anindya ya.

Pilihlah produk pencerah yang tertera tulisan 'nonkomedogenik'. Karena jika tidak ada, dipastikan krim akan menutup pori-pori dan menimbulkan komedo serta jerawat. Jika kulit masih berjerawat, saya tidak menyarankan Anindya menggunakan produk pencerah secaa bersamaan. Jika jerawat sudah teratasi baru boleh menggunakan produk pencerah. Krim pencerah yang cukup aman mengandung zat arbutin, licorice dan orange essential. Krim tersebut bisa digunakan untuk seusia Anindya. Semoga dapat semua pertanyaan Anindya ya.
 
---
Best Regards
Iswandi Banna
Twitter iswbanna

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host