Rabu, 03 Oktober 2012

Tak Perlu Menjadi Sok Pintar (Korban BM Hoax)

Terganggunya layanan BBM sejak pukul 11 pagi hari ini (3/10) membuat pelanggan Blackberry bertanya-tanya, ada apakah gerangan dengan RIM (Research in Motion) perusahaan di balik Blackberry.  5 jutaan pelanggan sama sekali tidak bisa menggunakan fasilitas BBM.

Syukurlah, sekitar pukul ½ 5 sore layanan BBM kembali normal. Alhamdulillah bisa melanjutkan komunikasi yang sempat terhambat sejak pagi via bbm. Baru berjalan normal 30 menit tiba-tiba muncul banyak Broadcast Message bertuliskan:

"Pesan ini untuk menginformasikan semua pengguna kami, bahwa server kami baru saja benar-benar penuh, jadi kami meminta bantuan Anda untuk memperbaiki masalah ini. Kita perlu pengguna aktif kami untuk mengirim ulang pesan ini ke semua orang di daftar kontak Anda untuk mengkonfirmasi pengguna aktif kami yang menggunakan BlackBerry Messenger, jika Anda tidak mengirim pesan ini ke semua kontak BlackBerry Messenger Anda  maka account Anda akan ditetapkan tidak aktif dengan konsekuensi dari kehilangan semua kontak Anda. Simbol akan mengupdate otomatis dalam BB Anda, ketika Anda menyiarkan pesan ini. Blackberry Anda akan diperbarui dalam waktu 24 jam itu akan memiliki baru lay out dan warna baru untuk chatting. Dear Blackberry pengguna, Kita akan melakukan update untuk BBM dari 11:00 sampai 05:00 ini ke hari. Anda jika Anda tidak mengirimkan ini ke semua kontak Anda memperbarui Anda akan dibatalkan dan Anda tidak akan diizinkan untuk chatting dengan kontak Anda sebagai Anda memiliki version.If pic lama tampilan Anda tidak akan berubah, itu karena 'Blackberry 'adalah memperbarui, silahkan kirim pesan ini ke semua kontak Bukan broadcast sembarangan Ini serius!! Bisa di cek"

Agak sedikit terganggu memang, untuk beberapa teman dekat saya sampaikan baik-baik bahwa kemungkinan besar BM itu hoax (berita palsu). Yang menjadi masalah kemudian adalah, banyaknya status  via BB atau jejaring social yang dengan sinis mengatakan:
Be smart dunkkk pengguna BB
Jangan jadi orang bodoh ngirim BM yang ga jelas
dan kalimat sinis lainnya

My comments:
Saya pun merasa terganggu dengan BM itu. Tetapi jika merasa tidak nyaman, sampaikan baik-baik dan tak perlu membalasnya dengan sinis seolah para penyebar BM itu bodoh sebodoh-bodohnya. Bisa jadi mereka panik, dan tidak ingin layanan BBM nya terganggu lagi. Namun, alangkah lebih bijak kalo kita justru tidak merasa lebih ‘smart’ dari mereka apalagi dengan culas update status yang jelas merendahkan para pelaku BM.

Satu pelajaran buat pengguna BB atau smartphone lainnya, biasakan teliti info terlebih dahulu baru broadcast ya. Jangan sampai nama Anda dipertaruhkan oleh segelintir orang yang mencari keuntungan dalam kesempitan. 

Kita sepakat pihak yang sudah jelas salah adalah RIM yang hingga detik ini belum juga menempatkan servernya di Indonesia. Jelas ini amat tidak menguntungkan, apalagi tercatat sudah tiga kali terjadi gangguan layanan secara massal.

Semoga bermanfaat. Yuk lanjut BBM-an lagi.
Best Regards
Iswandi Banna
twitter iswbanna

4 komentar:

Kus Habib Amrullah, Ak. mengatakan...

Sampai sekarang ana gak bisa BBM-an gimana nih Akh?

iswbanna mengatakan...

@pa habib: lho emange pakdhe pake bb ya? hehe

Kus Habib Amrullah, Ak. mengatakan...

wkwkwkwk... ya itu dia jawabnya. pantesan dari dulu bb saya error lha wong no pinnya aja 0R4NDUW3.

Anonim mengatakan...

setuju mas, siapa tahu yg ngirim BM maksudnya baik, ngasih tau tmn2nya yang lain yg dr siang bertanya2 knp BBM gak bs digunakan...sukses!

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host