Rabu, 28 November 2012

4 Penyebab Anak Nakal. Waspadalah!

Dari sekian banyak karunia di dunia adalah memiliki anak. Seperti koin yang memilki dua sisi, anak selain sebagai karunia bisa jadi ujian bagi kedua orang tuanya. Menarik ketika membicarakan pendidikan psikologis anak. Ada empat faktor yang menjadi penyebab mengapa anak-anak menjadi nakal (baca: kreatif)

Kreatif
Usia anak-anak apalagi saat TK dan SD menjadi masa paling aktif secara motorik bagi anak-anak. Kenakalan anak-anak seperti berbuat kegaduhan, membuat hal-hal aneh merupakan kreativitas mereka sebagai anak di usia produktif. Jangan hambat mereka, namun arahkan ke hal yang menarik dan tidak membahayakan.

Caper (Cari Perhatian)
Ayah lagi asyik maen laptop, si kecil malah naek ke atas meja. Bunda lagi masak, si kecil malah maen perang-perangan pake timun sambil dilempar-lempar. Yess, mereka cari-cari perhatian. Rumusnya, jaga terus hubungan batin anak-orang tua. Jangan lupa terus katakan, ayah/bunda sayang kamu, Nak.

Ujian
Kenakalan anak mulai terasa merepotkan tatkala mereka remaja. Anak mulai bergaul dengan anak-anak tongkrongan. Mulai merokok, tatkala dinasehati hanya masuk telinga kiri keluar telinga kanan. Tidak jarang mereka membantah orangtuanya. Padahal, kedua orangtuanya rajin ibadah, soleh, perhatian dan telah memberikan yang terbaik. Ini adalah ujian, seperti rekam jejak yang terjadi pada Nabi Nuh yang memiliki anak pembangkang.

Uang Haram/Syubhat
Ini dia satu hal yang sensitif. Butuh kejujuran terdalam dari semua orang tua di dunia ini. Adakah uang haram/syubhat yang masuk ke dalam perut anak-anaknya? Jika iya, tidak heran jika buah hatinya berkelakuan nakal. Waspadalah!

Best Regards
Iswandi Banna
Twitter iswbanna

2 komentar:

emon gundul mengatakan...

weh, mau posting ttg ini keduluan sampean xp

Anonim mengatakan...

satu lagi mas, "Cermin Orang Tua"

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host