Jumat, 03 Oktober 2014

Kapan sih Puasa Arafah?

Bingung mau puasa Arafah kapan? Supaya makin mantep, coba yuk baca beberapa referensi berikut ini.

Contoh: 
Tahun ini pelaksanaan wuquf di Arafah telah ditetapkan oleh Pemerintah Saudi Arabia jatuh pada hari Jumat, 3 Oktober  2014 M.
Sayangnya, di negeri Indonesia penanggalan 1 Dzulhijjah 1435 ditetapkan berdasarkan ikmal (penggenapan 30 hari bulan Dzulqa’dah) karena tim ru’yat Departemen Agama RI tidak melihat hilal. 

Basically,pelaksanaan ibadah puasa ‘Arafah, shalat ‘Idul Adha dan qurban harus mengikuti ketentuan Syari’ah. Catatan tambahan,  ibadah puasa ‘Arafah, shalat ‘Idul Adha dan qurban terkait dengan ibadah haji.

Catatan penting lagi, bahwa untuk menjalankan seluruh rangkaian ibadah Idul Adha tetap mempertimbangkan wihdatul ummah (persatuan umat).


فَصَـلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

“Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah.” (Al-Kautsar  2)

الحَجُّ عَرَفَة

“Haji adalah wuquf di Araafah.” (HR Bukhari dan Muslim)


عن أبي قتادة رَضِيَ اللَّهُ عَنهُ قال: سئل رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم عن صوم يوم عرفة؟ قال: يكفر السنة الماضية والباقية  {رَوَاهُ مُسلِمٌ }.‏

Dari Abu Qatadah ra. berkata, Rasulullah saw. ditanya tentang shaum hari ‘Arafah. Rasul saw. bersabda, ”Menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” (HR Muslim)

Sudah mulai dapat pencerahan ya, supaya lebih mantap lagi, ini dia penjelasannya:

1) Shaum ‘Arafah dilakukan sesuai waktu Wuquf Arafah 
2) Pelaksanaan shalat ‘Idul Adha satu hari setelah pelaksanaan Wukuf Arafah, dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban hingga hari tasyrik.
3) Apabila dalam melaksanakan sholat Idul Adha menimbulkan konflik dengan lingkungan masyarakat, maka  sholat Idul Adha dapat mengikuti keputusan Departemen Agama RI bersama Ormas Islam.
4) Dalam menjalankan seluruh rangkaian ibadah Idul Adha hendaknya tetap mengedepankan ukhuwah, persatuan umat serta bersinergi dengan masyarakat dan lembaga keagamaan sekitarnya.

So, jangan bingung lagi ya!

Referensi: http://www.syariahonline.com/

Best Regards
Iswandi Banna
Twitter @iswbanna

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host