Jumat, 28 Oktober 2016

Kemenkeu Mengajar edisi Tokyo

foto: Atase Keuangan KBRI Tokyo dan relawan pengajar Kemenkeu

Kemenkeu Mengajar merupakan terobosan unik menjelang Hari Oeang ke-70. Banyak rekan-rekan kami di Indonesia yang bersemangat, antusias dan total berpartisipasi dalam program ini. Lini masa di media sosial tiba-tiba banjir dengan keceriaan siswa-siswa yang mendapat ilmu langsung dari Punggawa Keuangan. Jelas sekali rona wajah puas pun menyelimuti para relawan pengajar, tidak hanya level pelaksana tapi juga sampai pejabat eselon II. Dengan niat berbagi, kami yang sedang berada di daratan Tokyo berinisiasi untuk berkontribusi dalam program #KemenkeuMengajar.


Malam hari sebelum mengajar kami berembug di salah satu restoran khas Jepang di kawasan Roponggi, Tokyo. Diskusi untuk konsep mengajar bagi anak-anak Indonesia yang sedang berada di bumi Sakura, terutama Tokyo dan sekitarnya. Informasi dari pihak SRIT, total peserta adalah 29 murid dari kelas 4 SD sampai dengan kelas 3 SMP. Sasaran diputuskan untuk mengenalkan Kementerian Keuangan dan perannya dengan bahasa yang mudah dicerna.

Di bawah komando Atase Keuangan KBRI Tokyo, Bpk. Rachman Ferry, beliau segera menghubungi pihak Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) yang akan menjadi lokasi kami mengajar. Alhamdulillah respon pihak SRIT antuasias. Langkah berikutnya adalah briefing menjelang hari pelaksanaan.


Relawan pengajar #KemenkeuMengajar edisi Tokyo adalah Bpk. Rachman Ferry Isfianto (Atase Keuangan KBRI Tokyo), Fajar Amin (BPPK, tugas belajar program Doktoral GRIPS), Rinaldi (DJP, tugas belajar program Master Hitotshubashi dan Iswandi (Pegawai DJBC tugas belajar program Master WCO Aoyama Gakuin).

Waktu menunjukkan pukul 09.30, kami siap untuk berbagi keseruan dengan 29 siswa-siswi SRIT. Wajah polos, lucu dan cerdas mereka menyapa dengan malu-malu namun penasaran. Beberapa guru SRIT sempat menyampaikan antusias murid-murid, karena sebelumnya dalam persepsi mereka Kementrian Keuangan hadir untuk membagikan uang. Jelas tidak, karena yang akan diberikan melebihi dari sekedar uang, bahkan ini mengubah pandangan mereka tentang masa depan.

Sesi pertama Kemenkeu Mengajar dilaksanakan di kelas. Dimulai dengan perkenalan dari para relawan pengajar. Pak Ferry mengenalkan peran BKF dengan bersahabat dan santai. Disusul Mas Rinaldi yang menjelaskan peran Pajak dalam pembangunan, contohnya gedung SRIT. Mas Amin dengan serunya menceritakan peran BPPK seperti peran guru atau pengajar untuk mendidik pegawai kementerian. Tidak ketinggalan, Mas Iswandi yang menganalogikan Bea Cukai layaknya Polisi yang mengamankan ekspor dan impor, terutama atas masuknya barang-barang yang membahayakan masyarakat seperti obat terlarang. Para siswa sudah mulai mencair dan interaksi tanya jawab pun berlangsung penuh antusias.

Sesi kedua, kami bergerak menuju aula utama sekolah. Tiba saatnya mengenalkan lebih jauh Kementerian Keuangan, termasuk nilai-nilai kementerian. Penggunaan bahasa dan analogi yang pas menjadi pertimbangan utama. Sehingga, para siswa diharapkan dengan mudah mencerna makna Integritas, Profesional, Pelayanan, Sinergi dan Kesempurnaan. Games nilai-nilai kementerian pun kami lakukan.

Sesi berikutnya, setiap murid diberikan kertas untuk menuliskan cita-citanya kelak. Pilihannya, bukan hanya menjadi pegawai atau bagian dari kementerian keuangan, tapi juga kami tantang untuk menjadi menteri atau dirjen. Setelah satu menit waktu diberikan, akhirnya terkumpullah 29 kertas hasil pilihan para siswa. Hasilnya kami bacakan banyak yang bercita-cita ingin menjadi Dirjen DJA, Dirjen DJKN, Dirjen DJBC, Dirjen DJP, Sekjen, Kepala BPPK bahkan Menteri Keuangan. Subarashi! Selanjutnya, kami undang mereka tampil untuk menyampaikan alasannya.

Sesi akhir kemenkeu mengajar ditutup dengan sesi foto bersama para murid dengan relawan pengajar, juga perwakilan para guru. Semoga program Kemenkeu Mengajar edisi Tokyo mampu memberikan inspirasi dan kontribusi untuk negeri tercinta.


Tokyo, 28 Oktober 2016

Regards,
Iswandi Banna
instagram iswandi.banna

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host