Selasa, 01 November 2016

Sanggup Menjadi Orang Tua Hebat?


Menjadi orang tua pastinya merupakan amanah besar yang diberikan oleh Tuhan. Rasa-rasanya baru kemarin sore kita masih menjadi kanak-kanak. Masih tercium lekat aroma layangan yang diterbangkan di luasnya lapangan diterpa angin sawah. Masih teringat pula kenangan jaman sekolah dasar, pipis di celana di dalam kelas saking takutnya berbicara.

Sekarang saatnya menuju level yang lebih tinggi lagi. Secara usia jelas bukan kanak-kanak lagi. Karunia yang telah Alloh berikan sepatutnya dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Ya, menjadi orangtua selain nikmat juga menjadi ujian. Ujian apakah kita bisa dengan telaten membawa sang anak untuk mengenal Tuhannya. Ujian apakah kita mampu membina mereka menjadi karakter yang tahan banting dan mandiri bahkan ketika kita tiada.

Sebagai orang tua yang baik, jelas kita harus pelajari ilmunya. Dalam konteks ini bisa dengan membaca buku parenting, ikut seminar menjadi orang tua hebat, atau paling minimal baca artikel tentang parenting. Karena, jangan sampai kita menyesal tiba-tiba anak sudah menginjak usia dewasa dan kita belum mampu mengoptimalkan benih-benih kebaikan pada dirinya.

Orang tua dikatakan cool kalau ia mampu menjalankan peran bagi anak-anaknya sebagai guru, pemimpin dan teman curhatnya. Semoga saya dan istri mampu menjadi orang tua yang amanah menemani Kafi, Khaira dan (insya Alloh) adik-adiknya menuju bagian umat yang tangguh dan solutif. Aamiin.

Happy 8th Milad Kafi Arkan Al Banna 

Tokyo, Di tengah badai deadline thesis

Iswandi Banna
instagram iswandi.banna

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host