Senin, 27 Desember 2010

Tuhan, Inilah Proposal Hidupku


Alhamdulillah hari ini dapet kul-twit (kuliah tweet) sebutan kuliah di twitter dari sang maestro motivator, Jamil Azzaini. Sangat menginspirasi!!!

Banyak orang yang menganggap acara “agustusan”, family gathering dsb lebih penting daripada hidupnya. Buktinya? Untuk acara itu mereka membuat proposal kegiatan tetapi untuk hidupnya mereka tidak membuat proposal

Jangan gadaikan hidup Anda, hidup hanya satu kali, pastikan hidup Anda terarah dengan membuat proposal hidup . Proposal hidup yang dibuat, akan menyemangati Anda, karena apa yang Anda pikirkan mempengaruhi hormon dalam tubuh Anda.

Mau bukti? Coba Anda bayangkan jeruk nipis, tahu rasanya khan? Jeruk itu Anda pegang kemudian Anda iris, jilatlah, rasanya? Asem. Jeruknya ada? Tidak. Terpengaruh? Ya. Itulah salah satu bukti sederhana apa yg Anda pikirkan mempengaruhi Anda .

Oleh karena itu, buatlah proposal hidup,  agar seluruh tubuh Anda terpengaruh untuk mengejar apa yang Anda dambakan dalam hidup. 

Ada lima langkah untuk membuat proposal hidup; 

Pertama, sadarilah bahwa Anda adalah spesial. 
 Tak ada satupun orang yg mirip Anda. Buktinya, sidik jari & DNA manusia tidak ada yg sama persis, berarti kita diciptakan satu-satunya alias spesial, tak ada yang lain.  

Tulislah hal yg spesial dalam hidup Anda; boleh jadi pengalaman hidup, bakat, keunikan lain yang Anda miliki & orang lain tak punya.

Dulu orang menghina saya “mata Garfield” hinaan itu justru saya jadikan kelebihan, jarang lho inspirator punya mata seperti saya. Saya punya sesuatu yang spesial; materi training yang orisinil, membumi, konsep yang kuat, dan kemampuan bercerita yg dalam .

Saya yakin Anda pasti punya sesuatu yang spesial. Cari itu sampai ketemu dan jadikan sebagai kelebihan yang ada,  jadikan “senjata”. Bila Anda belum menemukan sesuatu yang spesial, Anda perlu merenung dan bertanya kepada orang-orang di sekitar Anda. Cari tahu segera. Setelah Anda ketemu apa spesialnya Anda, mulai hari ini kerahkan semua energi hidup Anda untuk mengasah hal itu

Langkah kedua, tetapkan prestasi yang ingin Anda raih. 
Ingat prestasi bukan sesuatu yang bersifat materi. Bila Anda memiliki banyak prestasi, sesuatu yang sifatnya materi mengikuti Anda, jadi yang Anda tulis prestasi-prestasi yg ingin diraih. Dalam tahap awal tulis saja dulu sebanyak-banyaknya. Setelah Anda tenang baca kembali dan renungkanlah kemudian putuskanlah.

Prestasi yg Anda tulis harus nyaman dalam pikiran & hati Anda, Anda memang benar-benar ingin mewujudkannya, bukan karena ikut-ikutan. 

Langkah ketiga, jadilah seorang expert. 
 Untuk meraih prestasi yang sudah Anda tetapkan, Anda perlu memiliki expertise yang sesuai. Latihlah expertise itu, setidaknya 3 jam/hari. Latihan yang Anda lakukan harus terus tumbuh & berkembang, bukan latihan yang berulang-ulang. 

Oleh karena itu carilah “guru” yang sesuai untuk melatih expertise Anda, tanpa guru Anda tidak akan mendapat umpan balik yang memadai. Selain itu, untuk menjadi Expert Anda harus memiliki teman pendukung, saran saya buatlah kelompok mastermind yang solid.

Langkah keempat, Sempurnakan Hidup Anda Mulai Sekarang. 
 Prestasi yang ingin Anda raih mungkin itu masih 5,10,15,20 tahun yang akan datang. Anda tak akan mampu meraih prestasi itu dengan sempurna kalau Anda tidak menyempurnakan hidup Anda mulai sekarang. 

Untuk menyempurnakannya Anda perlu terbiasa berpikir, berkata & bertindak positif. Hal-hal negatif harus Anda kurangi & buang. Selain itu, Anda harus terbiasa membuat target 90 hari. Saran saya target 90 hari tidak lebih dari 3 target. 

Langkah terakhir adalah, sempurnakan lingkungan Anda. 
 Kata hadits; bergaul dengan penjual minyak wangi kecipratan bau wangi. Carilah lingkungan yang mendukung Anda, ingin jadi pengusaha bergaul dengan pengusaha, ingin jadi professional bergaul dengan profesional .

Deretan nama-nama sahabat Anda harus lebih banyak deretan yang “chemistry” nya nyambung bukan yang malah mendemotivasi Anda

Thanks to Mr. Jamil Azzaini 
 

----> Terbukti, mencari Rupiah Halal disini, sederhana dan logis


petunjuknya klik PANDUAN MENDAFTAR IDR-CLICKIT

2 komentar:

Wahidah Eka putri mengatakan...

so inspiring..tq

isw_banna mengatakan...

@wahidah:yup sangat menggugah

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host