Senin, 13 Juni 2011

Semangat Mencukur Bulu-bulu


Bulu-bulu di sekitar tubuh kita ternyata memiliki perlakuan khusus lho dalam islam. Dengan melakukan pencukuran rutin seminggu sekali mampu menyempurnakan kebersihan dan menyenangkan hati, karena terdapatnya rambut di badan menyebabkan kejengkelan dan kegelisahan. Seperti yang dicontohkan Rasululloh, berikut perlakuan khususnya:

1. Mencukur Bulu Kemaluan,
Jangan parno dulu ya, memang sudah sepatutnya bulu 'ini' dirapikan dengan cara menggunting, mencabut atau mencukurnya. Pilih cara yang tidak menyulitkan dan tentu saja yang tidak terlalu sakit. Betul betul betul? *gaya upin-ipin

2. Mencukur Bulu Ketiak
Perlakuannya mirip dengan bulu #1 diatas (idem)

3. Mencukur/Memendekkan Kumis
So, nggak ada lagi model kumis Pak Raden atau Kumis tebal lainnya. Namun, prinsipnya adalah supaya makanan atau minuman tidak tersangkut di kumis sehingga kotoran tidak bertumpuk disana.

4. Memotong Kuku
Bagi Anda yang punya hobi memanjangkan kuku, wah berarti perlu berpikir ribuan kali tuh. hehe.
Telah bersabda Nabi SAW : "Lima perkara berupa fithrah, yaitu: memotong bulu kemaluan, berkhitan,  memotong kumis, mencabut bulu ketiak dan memotong kuku."
5. Merapikan Rambut
Jangan sampai rambut kita kusut awut-awutan nggak jelas ya, terutama buat yang laki-laki. Kalo perempuan biasanya punya perawatan khusus kan? Apalagi kalo sudah memakai jilbab, makin terlihat keanggunannya dan pesona muslimahnya.
"Seorang laki-laki yang berambut dan berjenggot kusut-masai datang mendapatkan Nabi SAW. Rasululloh pun memberi isyarat kepadanya, seolah-olah menyuruhnya membereskan rambut dan jenggotnya. Laki-laki itu pergi melakukannya, kemudian kembali. Maka Rasululloh bersabda: "Tidaklah ini lebih baik, daripada datang kepala kusut bak setan."
Semoga bisa kita amalkan ya Sobat

note: Pelajari Terus Yuk Fiqih Sunnah, recommended One!

2 komentar:

yayan mengatakan...

Kalau saya sih nggak pernah pakai sisir sama sekali, kuku udah panjang rajin dipotong, kumis kalau mau potong aja tinggal potong atau kerok, kalau bulu sih, ah mau tahu aja deh hihihihi.

isw_banna mengatakan...

@yayan: wah memang harus rajin2 coy

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host