Kamis, 14 Juli 2011

Perbedaan Orang Jepang dan Amerika soal Pemberian Tip


Sekedar perbandingan tentang customer services di dua negara. 
Seorang dosen UGM yang pernah belajar di US mengatakan bahwa di Amerika banyak transaksi yang mengharuskan konsumen untuk memberi tip. Sebagai contoh, ketika seseorang menginap di hotel atau makan di restoran maka dia harus memberi tip kepada karyawan yang melayaninya minimal 10% dari nilai transaksi. Bahkan untuk potong rambut, seperti yang dipostingkan oleh seorang kawan baru-baru ini juga harus memberi tip.
Bandingkan dengan Jepang. Dosen UGM tersebut juga pernah berkunjung ke Hirodai. Beliau yang menginap di sebuah hotel di Tokyo dan Hiroshima eki mengatakan bahwa di Jepang tidak boleh memberikan tip kepada karyawan. Semua biaya yang sudah dibayarkan sudah termasuk gaji untuk karyawan. So, karyawan sudah seharusnya memberikan servis yang terbaik karena sudah digaji. Kita juga akan mendapatkan pelayanan yang cukup mengesankan ketika berbelanja atau sedang mengunjungi teman yang sakit di rumah sakit.
Model manakah yang cocok untuk negara kita? American or Japanese Style
(thanks to mas nur satyo)

5 komentar:

Mulk™ mengatakan...

Untuk Indonesia mending seperti Amerika gan (di Indonesia yang kerja begituan gaji nya kecil :malu)

Anonim mengatakan...

sewajarnya aja seih, kalo memang puas sama pelayanannya aku seih ngga masalah ngasih tips kalo memang ada ... kalo nggak ada di kasih senyum aja :D

banna mengatakan...

@mulk: ada betulnya gan, kebanyakan disini gajinya kecil ya...

@anonim: haha, kalo dikasih senyum emang mau ya?

Seseorang yang tak berhenti berharap mengatakan...

pada dasarnya sih setuju aja kalau memang ada aturan resminya ngasih tip (mending kan gitu daripada aturannya nggak boleh ngasih tip tapi karena gaji kecil, pada minta tip dan kalau nggak ngasih pelayanannya jadi nggak bagus)

isw_banna mengatakan...

@akh yudhi:jadi, lbh baik dilegalkan, gitu?

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host