Sabtu, 13 Agustus 2011

Puasa Musim Panas di Negeri Kangguru



Menjalankan puasa di negeri orang? Sungguh satu hal yang tidak terbayangkan oleh saya sebelumnya. 

Masih terngiang testimoni sang bunda saat chatting via internet, beliau begitu terharu melihat anaknya sudah kali kedua bertandang ke luar negeri (sebelumnya saya beruntung mendapatkan beasiswa pasca sarjana di Jepang). Beliau menambahkan bahwa masih segar dalam ingatannya saat melihat anaknya berlari tujuh putaran lapangan sepak bola demi menggapai impian di kampus kedinasan enam belas tahun silam. Stadion Bea Cukai Rawamangun menjadi saksi bisu perjuangan itu.


Berbicara tentang puasa di Darwin Australia, yang menarik adalah bertepatan dengan musim panas (summer). Tantangan summer di negeri orang bule adalah pemandangan yang cukup menggiurkan hingga membuat hati-otak-gigi cenat-cenut, yaitu gaya busana perempuan-perempuan Bule yang 'apa adanya'. Sebut saja, tank-top, hot-pants, dan balutan-balutan tipis lainnya.

Meskipun tidak membatalkan puasa, pemandangan tersebut sukses membuat saya ketar-ketir sehingga menyebabkan ibadah puasa sedikit terganggu. @#$$%^^&

Terkait sahur dan berbuka puasa, Alhamdulillah saya serta rekan (Pak Trubus) bahu-membahu dalam urusan ini dengan sharing (Pak Trubus 90%  dan sisa 10% diamanahkan ke saya). Nikmatnya ukhuwah. Hehe.

Hikmah lain berpuasa di negeri orang adalah mampu mengeratkan hubungan  muslim Indonesia disini. Silaturahim terasa lebih hangat, terutama saat kunjungan ke rumah warga Indonesia yang sudah lama tinggal di Darwin. Saling berbagi disaat berbuka puasa, dengan menu khas Indonesia seperti sop daging dan martabak daging. Wah kok jadi laper lagi ya.

Teruslah berkarya dan berbuatlah yang terbaik bagi institusi, bangsa dan agama. 


(Seperti yang disampaikan oleh rekan senior saya, Kang Rubiyantara yang sedang bertugas di Darwin Australia dan Alhamdulillah saya abadikan dalam tulisan ini.)



follow @XL123 @VIVAnews @VIVAvlog


2 komentar:

Anonim mengatakan...

Its great t see our brother outgoing... Catch the line, leap the edge... Keep outstanding, Make Islam acceptable around the world coz we're the one who making Rules... Salam perjuangan ^^... Happy second Half Fasting

tommytoxcum mengatakan...

Untuk ikut #GoVlog, mohon melengkapi persyaratan. Info Klik http://www.vivanews.com/xl_govlog thanks.
syarat yg kurang:
1. Artikel yang dilombakan wajib diposting di Twitter peserta lomba dengan mention @XL123 @VIVAnews @VIVAvlog dan Hashtag #GoVlog.

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host