Selasa, 25 Oktober 2011

Tolong Kampungku di-Expose


Pernah jalan-jalan ke Jawa Tengah? Tentunya bagi Anda yang sering melewati Pantura (Pantai Utara) sudah dipastikan melewati kampung saya, Kabupaten Pemalang.

Ternyata, kampung saya yang terdengar eksotik ini masuk salah satu situs berita nasional. Hebatnya lagi jika ditelusuri, ternyata Pemalang menyimpan wisata alam yang beragam, mulai dari pantai, permandian air hangat alami, air terjun, hingga gugusan goa yang menawan.


1. Pantai Widuri


Obyek wisata yang paling mudah dijangkau karena letaknya tak jauh dari Terminal Kota Pemalang adalah Pantai Widuri. Terletak di Desa Widuri, lebih-kurang 3 kilometer di utara Kota Pemalang.

Pantai Widuri merupakan pusat wisatanya Pemalang karena selain aksesnya mudah, fasilitasnya memadai, mulai dari kuliner seafood, wisata air waterboom, arena bermain anak-anak, panggung musik, flying fox, sampai sirkuit balap motor.

Pantai Widuri ini menyuguhkan kesejukan karena banyak pohon besar dan rindang berusia ratusan tahun berjejer rapi di bibir pantai. Harga tiket masuknya pun hanya Rp 4.500. Jika Anda datang saat Hari Raya atau liburan panjang, jangan heran pengunjungnya membeludak.

2. Curug Bengkawah dan Telaga Silating


Keduanya terletak di Desa Sikasur, Kecamatan Belik, yang berjarak sekitar 33 kilometer arah selatan kota Pemalang.

Lokasinya memang agak jauh, Anda dapat naik bus dari Terminal Pemalang menuju Terminal Randudongkal dengan kocek sekitar Rp 10.000, kemudian dilanjutkan naik ojek dengan ongkos sekitar Rp 15.000.

Telaga Silating amat potensial untuk wisata tirta, obyek wisata ini diapit oleh bukit-bukit berpanorama indah, persawahan, serta hawa lingkungan sejuk dan nyaman. Harga tiket masuk pada hari biasa Rp 1.500, sementara di hari libur atau hari Minggu Rp 2.000. Sementara itu, pada Lebaran sebesar Rp 4.000 karena pengunjung akan disuguhkan aneka hiburan, seperti panggung musik.

Tak jauh dari Telaga Silating, di desa yang sama, Anda dapat menuju Curug Bengkawah untuk menikmati keindahan dan kesejukan alamnya. Karena berada di antara pedesaan dan sawah membentang luas, Anda harus melewati jalan sempit di antaranya dan sedikit naik turun bukit.

Namun, semua letih terbayarkan setelah sampai di curug yang mempunyai dua air terjun putih yang memesona. Anda tidak akan menyesal dengan keindahan dan kesejukan alam di Curug Bengkawah serta suara alam seolah air terjun yang tumpah sedang berbicara dengan Anda.

3. Gunung Gajah
obyek wisata yang memiliki nama unik di Pemalang, yaitu Gunung Gajah. Terletak di Desa Gongseng, Kecamatan Randudongkal, berjarak lebih-kurang 35 kilometer ke arah barat daya dari Kota Pemalang. Ketinggiannya sekitar 1.100 meter dari permukaan laut
                                                                                                                                                                
Nama Gunung Gajah karena bentuknya yang menyerupai gajah dari kejauhan. Di sini Anda dapat berolahraga panjat tebing. Untuk mencapai puncaknya, ada trek dengan bantuan tali untuk memudahkan pendakian sampai kemiringan lebih-kurang 70 derajat. Datanglah pada saat musim kemarau. Jangan saat musim hujan mengingat lokasi pendakian dapat lebih berbahaya karena bebatuan yang licin.

4. Goa Gunung Wangi.
Apabila Anda tertarik untuk menelusuri pahatan alami dari stalagmit dan stalagtit sekaligus hiking, Anda dapat mengunjungi Goa Gunung Wangi. Berada di kawasan Gunung Wangi, Desa Glandang, Kecamatan Bantarbolang, sekitar lebih-kurang 26 kilometer arah barat daya Kota Pemalang.

Terdapat lima gugusan goa yang karismatik, yaitu Goa Penganten, Goa Buyung, Goa Laren, Goa Bandung, dan Goa Siluman. Goa Buyung merupakan yang terbesar dan terpanjang yang konon ujung lorongnya menembus hingga perbatasan Jawa Barat.

So, guys mampir yuk ke Pemalang!

twitter> isw_banna
(diolah dari travel.kompas.com)

------------------------------------------------------------------------------
Sahabat bantu ‘Like’ tulisan saya, klik di DISINI.

Insya Alloh sebagian voucher belanja akan disedekahkan ke kampung pemulung di dekat rumah. Smoga kita bisa sama-sama berbuat kebaikan, insya Alloh akan diupload gambar penyerahan sedekahnya, kalo menang. Yuk sama2 sedekah dengan cara mudah.
-----------------------------------------------------------------------------------

5 komentar:

Chemistry Lessons Online mengatakan...

Wonogiri kapan ya/...... n_n

Free Download games mengatakan...

wow, Pemalang memang punya potensi pariwisata yang mantap. Apalagi kalo bisa dikembangkan lebih baik, wisatawan mancanegara pun pasti banyak yang mau melirik.

iswbanna mengatakan...

@chemistry: asli wonogiri ya?

@free: iya semoga pemda setempat bisa memajukan

pemalangonline.com mengatakan...

potensi wisata pemalang yang belum banyak digenjot untuk meningkatkan ekonomi rakyatnya...go pemalang !!!

corolla78 mengatakan...

weisss indah nian bukan hanya cerita nih,...memang elok pemandangannya,hebat...hebat.kpn saya bisa ke pemalang..


happy blogger

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host