Selasa, 06 Maret 2012

Kontroversi Rumah Murah 70 Juta Subsidi Menpera

Rumah contoh untuk dipamerkan ke pengunjung/investor. 
Disisi kanan, terdapat kerangka rumah aslinya.

Info segar datang dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) karena akan ada program Rumah Murah seharga 70 juta saja untuk tipe 36 dengan luas tanah 60 m2. Bayangkan begitu murahnya jika dibandingkan dengan harga normal di Jadebotabek yang mencapai 150juta keatas.

Rumah contoh sudah dipamerkan oleh Menpera, Djan Faridz, senin kemarin (5/3) di halaman kantor Kemenpera, Jalan Raden Patah. Menurut beliau, lokasi pembangunan rumah murah akan diprioritaskan di daerah pinggiran kota. Sebab, selain harga tanah yang masih terjangkau, banyak masyarakat berpenghasilan rendah yang tinggal di pinggir kota.

Rumah layak dihuni karena  memiliki 2 kamar, 1 dapur dan 1 kamar mandi. Menpera mengatakan rumah murah ini rencananya akan dibangun di 33 provinsi dan sudah ada 49 kabupaten/kota yang meneken MoU. Pembangunan rumah murah ini akan berlanjut sampai tahun 2014. Untuk tahun 2012 target pembangunannya sebanyak 200 ribu unit dengan alokasi dana Rp 8 triliun untuk seluruh wilayah Indonesia. Asyik semoga bisa segera terealisasi ya.


Sayangnya, keberatan datang dari Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) mengenai penetapan harga rumah murah Rp70 juta karena dianggap kemurahan dan mereka tidak dapat mengambil untung dari pembangunan proyek tersebut. Ditambah harga tanah mahal, khususnya di Pulau Jawa. Ini agak sulit terlaksana.  Seharusnya, kementerian dapat menyesuaikan dengan harga di lapangan karena tiap wilayah punya patokan harga yang berbeda. Menurut mereka, kebijakan penetapan suku bunga kredit pemilikan rumah sebesar 7,25 persen dengan kredit maksimal Rp70 juta untuk minimal rumah tipe 36 tidak bisa disamaratakan secara nasional.

Terlepas dari kontroversi antara pemerintah dan pengembang, yang pasti di luar sana rakyat negeri ini sedang menanti memiliki rumah yang layak dan terjangkau. Kita tunggu saja proyek menggembirakan ini. Semoga rakyat menengah kebawah lah yang akan diuntungkan.

Iswandi Banna
twitter iswbanna
diolah dari berbagai sumber



7 komentar:

JIMMY mengatakan...

bagus juga sih ini untuk rakyat menengah, tapi penjualannya harus dijaga ketat jgn sampai nnti orang2 kaya yg ikutan beli rumah ini dan dijual lagi dengan harga tinggi

salam blogwalking Pro Kontra Acai Berry Sebagai Obat Pelangsing

Jelajah Nesia mengatakan...

Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

Tentang Indahnya INDONESIA

www.jelajah-nesia.blogspot.com

NF mengatakan...

wah dimana aja nih lokasinya? #mupeng

andre tauladan mengatakan...

nyiapin duit ah dari sekarang.... hehe

Jual sepatu murah mengatakan...

keren amat pemerintah, seandainnya itu bisa dikampung ane yang sangat tertinggal maka betapa bahagiannya rakyat dikampung saya. http://sepatuoriginal.com

ASAZ mengatakan...

murah dan bagus aku mau juga

Anonim mengatakan...

Semoga dpt terealisasi dgn baik. Tp jgn didominasi kepemilikannya oleh PNS. Kasih kesempatan jg untuk msyrkt yg bkn PNS. Kalo yg ga punya gaji tetap bisa ga y? Semoga BISA

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host