Kamis, 05 April 2012

4 Strategi Jitu Atasi Banjir Jakarta

foto: google

Awal April ini banjir menorehkan kisah di beberapa titik Jakarta dan sekitarnya. Air setinggi leher  orang dewasa meringsek di Kemang Selatan, Bangka Jaksel. Banjir dua meter pun sempat melanda wilayah Cilandak. Belum lagi banjir di Pasar Cipulir dan Pondok Labu. Termasuk daerah tetangga, Ciledug, Kota Tangerang yang sempat terendam banjir selutut orang dewasa.

Harapannya,mudah-mudahan tidak sedahsyat banjir lima tahun lalu (2007). Melihat fenomena tersebut, ternyata terungkap empat strategi jitu agar Jakarta bebas banjir. Berikut penjelasannya:

1. Koordinasi efektif dengan Pemprov Depok dan Pemkot Bogor
Bogor perlu membebaskan tanah di sana untuk dijadikan resapan atau penampungan air . Dengan terobosan ini, kecil kemungkinan banjir kiriman masuk ke Jakarta. Air limpahan akan dibelokkan menuju wilayah resapan yang dibuat di Bogor.

2. Pembuatan situ baru sebagai resapan air di Jakarta
Terobosan ini sangat jitu untuk menampung volume air hujan yang deras pada musim hujan. Selain itu, situ tersebut juga dapat dijadikan tempat rekreasi bagi masyarakat.

3. Pengerukan sungai
Pemprov DKI harus rela menganggarkan dana yang cukup besar untuk pengerukan sungai, terutama di Kali Pesanggrahan dan Kali Angke. Termasuk Kali Krukut yang sudah 30 tahun dilakukan pengerukan. Dinas Pekerjaan Umum (PU)  juga harus terlibat menjadi solusi untuk proses pengerukan yang tepat.

4. Pembenahan warga bantaran sungai
Terutama bagi mereka yang menjadi korban banjir. Salah satu caranya adalah dengan mengajak dialog interaktif dengan Pemprov DKI. Poinnya adalah  bukan terkait penggusuran. Tetapi, intinya adalah  memanusiakan warga Jakarta.

Begitu cemerlang tips n trik untuk mengatasi banjir yang hampir setiap saat mengancam daerah ibukota. Empat strategi diatas sesuai dengan yang dipaparkan oleh Dr.Hidayat Nur Wahid yang memang concern dalam memajukan DKI Jakarta.

Bagaimana dengan Anda? Adakah usul brilian menuju DKI bebas banjir?

Best Regards
Iswandi Banna
Twitter iswbanna

 

1 komentar:

heri mengatakan...

yg jelas mungkin harus menggusur banyak orang untuk kepentingan orang lain juga, yang sulit itu bagaimana menggusurnya

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host