Kamis, 10 November 2016

Pernyataan Din Syamsudin terhadap Aksi Damai 411


Pak Din Syamsudin mengawali dengan memberikan apresiasi kepada demonstran yang telah menjalankan secara damai menyampaikan tuntutan yang substantif. Umat islam hadir dengan niat baik. Dalam aksi mereka solat berjamah, membagikan makanan seolah seperti di masjid haram. Termasuk juga mengumpulkan sampah sepanjang aksi. Beliau menyampaikan aksi 411 merupakan gerakan demokrasi, kultutal dan keagamaan. Demonstrasi dilakukan dengan beradab.

Selanjutnya, Pak Din membantah wacana distorsif bahwa aksi 411 adalah anti kemajemukan. Beliau pun menyesalkan pernyataan tuduhan tehadap aktor politik di belakang aksi. Karena masih dalam proses penyelidikan, seyogyanya statemen RI1 tidak mengarah terhadap tudhan. Pernyataan tersebut tidak meyelesaikan masalah malah akan menimbalkan ketegangan baru.

Pa Din menjelaskan pula bahwa kemajemukan adalah sebuah kepastian dan keniscayaan. Sikap pertama yang perlu dikembangkan adalah siap hidup berdmapingan. Didalamnya ada toleransi termasuk untuk tidak menyinggung keyakinan orang lain. Apalagi yang dilakukan saudara Ahok adalah secara berani memasuki wilayah keyakinan orang lain. Ahok memberikan penafsiran ayat yang bukan merupakan kitabnya apalagi dengan kalimat peyoratif. Ditambah, beliau adalah pejabat public harus mengayomi semua. Efeknya adalah menggangu kemajemukan yang mengarah kepada kontraproduktif.


Tidak hanya itu, Pa Din juga menghimbau kepada para pemangku amanat harus menyadari masalah yang terjadi bukanlah sederhana dan sepele. Jika tidak disikapi dengan sikap kenegaraan dan berkeadilan masalah ini akan terus berkembang. Maka, jangan anggap remeh sebelah mana. Lihatlah persoalan dengan jernih, jangan mengabaikan tiap persoalan yang merebak. Marilah bersama kita bangun Indonesia majemuk berbhineka tunggal ika tanpa perlu memasuki wilayah keyakinan  yang menyinggung  agama lain.

Regards
Iswandi Banna
twitter @iswbanna
instagram iswandi.banna

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan alamat email Anda untuk menerima gratis update terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Free Web Hosting | Top Web Host